Memuhasabah untuk Meraih Berkah

Oleh: Siti Maysaroh Amd.AK
Kamis, 17 Januari 2019 | 15:02
foto undip
Ilustrasi
PILU bak  ditusuk  sembilu,  perih  tak  terperi luka muslim  negeri  ini  semakin  menganga.  2018 penuh luka menyayat  dada, ulama  dipersekusi,  ormas  islam  dibubarkan, ekonomi  semakin  sulit  belum  lagi  bencana terjadi  di darat  dan  di  udara  merenggut  banyak  jiwa.  Pesawat  jatuh, gempa, banjir,  tsunami terjadi  silih  berganti, Ratusan  meninggal. Ratusan  luka-luka. Ratusan  hilang.  Tsunami  banten  kemarin  seolah menjadi  bencana penutup di tahun 2018.

Sebagai Muslim, kita tentu harus menyikapi aneka musibah secara benar sesuai dengan tuntunan syariah. Karena itu hakikat musibah ini harus betul-betul kita pahami.

Secara umum musibah ada dua macam. _Pertama:_ Musibah karena faktor alam yang merupakan bagian dari _sunatullah_ atau merupakan _qadha_ (ketentuan) dari Allah SWT yang tak mungkin ditolak. Misalnya musibah gempa bumi, gunung meletus, tsunami, dll. Di antara adab dalam menyikapi qadha ini adalah sikap ridha dan sabar baik bagi korban ataupun keluarga korban. Bagi kaum Mukmin, qadha ini merupakan ujian dari Allah SWT, sebagaimana firman-Nya:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

_Sungguh Kami akan menguji kalian dengan sedikit rasa takut dan kelaparan. Juga berkurangnya harta, jiwa dan buah-buahan. Sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar_ *(TQS al-Baqarah [2]: 155).*

Orang yang berakal akan menjadikan sikap sabar sebagai pilihannya dalam menyikapi musibah. Ia ridha terhadap _qadha_ dan takdir Allah SWT yang menimpa dirinya tanpa berkeluh-kesah (Al-Jazairi, _Mawsûah al-Akhlâq,_ 1/137).

Apalagi musibah apapun yang menimpa seorang Mukmin, besar atau kecil, bisa menjadi wasilah bagi penghapusan dosa-dosanya. Rasulullah saw. bersabda:

مَا مِنْ مُصِيبَةٍ تُصِيبُ الْمُسْلِمَ إِلَّا كَفَّرَ اللهُ بِهَا عَنْهُ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَ

_"Tidaklah seorang Muslim tertimpa musibah hingga tertusuk duri kecuali Allah pasti menghapus dosa-dosanya."_ *(HR al-Bukhari dan Muslim).*

Tentu, dosa-dosa terhapus dari orang Mukmin yang tertimpa musibah jika ia menyikapi musibah itu dengan keridhaan dan kesabaran (Lihat: Ibn Qudamah al-Maqdisi, _Mukhtashar Minhâj al-Qâshidîn,_ 1/272).

_Kedua:_ Musibah yang merupakan akibat dari berbagai kemaksiatan manusia dan pelanggaran mereka terhadap syariah Allah SWT. Terutama yang dilakukan oleh para penguasa dalam wujud berbagai tindakan zalim yang mereka lakukan. Dalam hal ini Allah SWT berfirman:

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

_Telah tampak kerusakan di daratan dan di lautan akibat perbuatan tangan (kemaksiatan) manusia supaya Allah menimpakan kepada mereka sebagian akibat perbuatan (kemaksiatan) mereka itu agar mereka kembali (ke jalan-Nya)_ *(TQS ar-Rum [30]: 41).*

Musibah banjir, misalnya, bisa jadi karena banyak manusia melakukan kemaksiatan dan pelanggaran. Salah satunya menggunduli hutan dengan cara semena-mena.
Contoh lain adalah musibah kemiskinan yang menimpa bangsa ini, justru di tengah-tengah kekayaan negeri ini yang melimpah-ruah. Jelas, kemiskinan di negeri ini antaranya merupakan akibat rezim ini secara zalim menyerahkan sebagian besar kekayaan alam milik rakyat kepada pihak swasta bahkan asing. Contohnya jutaan ton tambang emas di Papua. Berpuluh-puluh tahun tembang tersebut sebagian besarnya dinikmati oleh perusahaan asing, PT Freeport. Bukan dinikmati oleh rakyat negeri ini. Bahkan Rakyat Papua, di tengah limpahan emas, tembaga dll, malah banyak yang hidup miskin.

Kemiskinan di negeri ini juga diakibatkan oleh karena negeri ini terjerat utang ribawi. Saat ini utang tersebut nyaris menyentuh angka Rp 5.000 triliun, dengan bunga yang harus dibayar setiap tahun lebih dari Rp 100 triliun. Akibatnya, pendapatan negara yang seharusnya bisa digunakan untuk mengatasi kemiskinan, terpakai untuk membayar utang ribawi berikut bunganya.

Demikian pula musibah lain dalam bentuk bencana moral seperti maraknya perzinaan, LGBT, dll. Musibah ini lalu melahirkan ragam bencana lain berupa penyakit yang sulit diobati. Di antaranya HIV/AIDS.

Maraknya riba, yang pelaku utamanya adalah negara, dan zina yang juga dibiarkan oleh negara, boleh jadi menjadi penyebab datangnya azab Allah SWT atas negeri ini. Sebagaimana sabda Nabi saw.:

إِذَا ظَهَرَ الزِّنَا وَ الرِّبَا فِي قَرْيَةٍ فَقَدْ أَحَلُّوْا بِأَنْفُسِهِمْ عَذَابَ اللهِ

_Jika zina dan riba telah merajarela di suatu negeri, berarti mereka telah menghalalkan azab Allah atas diri mereka sendiri_ *(HR al-Hakim, Al-Mustadrak, 2/42).*
Tahun  2018 telah  berlalu Dengan kesedihan  bagi  negeri  ini  khususnya umat islam, kedzaliman  demi  kedzaliman,  kedurhakaan  demi  kedurhakaan  terjadi  dengan  telanjang  hingga  mengundang  berbagai  peringatan  dari Allah.
 
Saatnya Berubah

Sudah saatnya umat memuhasabah diri  khususnya penguasa negeri  ini agar menerapkan hukum Islam atau syariah Islam secara _kaffah_ karena penerapan islam  secara kaffah adalah wujud hakiki dari ketakwaan. Ketakwaan pasti akan mendatangkan keberkahan berlimpah dari langit dan bumi. Sebagaimana firman-Nya:

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

_Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi. Akan tetapi, mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu sehingga Kami menyiksa mereka karena perbuatan yang mereka kerjakan_ *(TQS al-Araf [7]: 96).*

Dari  paparan  di  atas sudah jelas, bahwa   kunci  keberkahan hidup  adalah taqwa kepada Allah  SWT. Tentu  dengan taqwa yang  sebenar-benarnya. Yaitu  mengikuti  seluruh  petunjuk Allah SWT  di dalam  al-Quran. Allah SWT berfirman:

وَهَذَا كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ فَاتَّبِعُوهُ وَاتَّقُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

_Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati. Karena itulah, ikutilah dia dan bertakwalah agar kalian diberi rahmat_ *(TQS al-Anam [6]: 155).*

Alhasil, agar  hidup  kita  menjadi  berkah,  dan jauh dari  segala musibah,  kita harus berubah.  Caranya adalah dengan meninggalkan hukum jahiliah,  yang telah terbukti mendatangkan  kesengsaaran  dan musibah  di negeri  ini.  Lalu  kemudian  kita fokus menegakkan syariah  islam secara kaffah dalam seluruh aspek kehidupan, sebagai wujud menerapkan seluruh  isi  al-Quran.  Dalam institusi  khilafah  ala minhaj an-nubbuwah.

Wallahu'alam bi showab

*Penulis adalah Founder  Komunitas  Bukan Hijrah  Biasa dan Akademi  Menulis  Kreatif

BERITA LAINNYA
Menaikkan Insentif Fiskal untuk Pengendalian Inflasi
Jumat, 15 September 2023 | 17:20
Belajar Menjadi Guru Biologi yang Interaktif
Rabu, 12 Oktober 2022 | 13:39
Korupsi Dana Bansos di Masa COVID-19
Jumat, 17 Juni 2022 | 22:43
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top