• Home
  • Ruang Opini
  • Perubahan Sukses di Lingkungan Polsek Bengkalis dengan Penambahan Sarana Transportasi dan Komunikasi dalam Menunjang Tugas Pokok Kepolisian

Perubahan Sukses di Lingkungan Polsek Bengkalis dengan Penambahan Sarana Transportasi dan Komunikasi dalam Menunjang Tugas Pokok Kepolisian

Ditulis Oleh: AKP Bagus Harry Priyambodo
Selasa, 25 Juli 2017 | 19:44

PERUBAHAN SUKSES DI LINGKUNGAN POLSEK BENGKALIS DENGAN PENAMBAHAN SARANA TRANSPORTASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENUNJANG TUGAS POKOK KEPOLISIAN


  1. Penambahan Kendaraan Dinas baik dari Polda maupun Pemda

Penambahan 1 Mobil jenis single cabhin merk toyota Hilux dari Pemda Bengkalis dan 2 Unit Sepeda Motor merk yamaha scorpio dari Polda Riau sangat membantu dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 


Total keseluruhan kendaraan dinas di Polsek Bengkalis yaitu 1 unit R4 dan 6 unit R2. Kemudian kendaraan dinas yang bertambah tersebut seperti R4 dan R2 berada di mako untuk keperluan patroli di sekitar kota bengkalis dan R2 lainnya kami berikan untuk kendaraan operasional para bhabinkamtibmas di wilkum Polsek Bengkalis.


Kemudian untuk pengawasan para Bhabinkamtibmas dan seluruh anggota yang diberi tanggung jawab merawat kendaraan dinas, agar setiap awal bulan melaksanakan apel kendaraan dinas termasuk barang inventaris. 


Penambahan kendaraan tersebut sangat menunjang pelaksanaan polmas di wilayah hukum Polsek Bengkalis . Polmas tersebut terbukti dengan dari 10 bhabinkamtibmas di wilkum Polsek Bengkalis hampir seluruhnya mempunyai kendaraan r2 dinas dan dapat memudahkan para bhabinkamtibmas dalam melaksanakan sambang ke warganya.


  1. Penguatan sistem komunikasi berupa HT

Pada awal tahun 2016 Kapolres Bengkalis Polda Riau kembali menghidupkan HT untuk dapat memantau keseluruhan wilayah dari masing-masing Polsek untuk dapat mengontrol situasi kamtibmas di wilkum Polres Bengkalis yang memang sangat luas yang terdiri dari 2 kepulauan dan 1 daratan, dengan total polsek berjumlah 8 polsek. 


Kemudian pada sistem pelaporan lapsit (laporan situasi) ke Polres dilaksanakan 2 kali sehari yaitu pukul 06.00 wib dan 18.00 wib. Dengan adanya HT tersebut sangat bermanfaat dirasakan khususnya  di Polsek Bengkalis  untuk pemantauan tugas tugas operasional seperti patroli, pengamanan objek-objek vital dan penjagaan mako.


Salah satu contoh manfaat dari penggunaan HT ini yaitu pada saat Operasi Ramadniya (pengamanan Mudik Lebaran) dan Operasi Lilin (pengamanan natal dan Tahun Baru). Di wilkum Polsek Bengkalis terdapat titik kepadatan yaitu pelabuhan penyebrangan pada saat mudik lebaran, kondisinya sangat padat dan harus selalu mendapatkan penjagaan dan pengaturan lalu lintas 1x24 jam, selain menempatkan Pospam untuk personil yang melaksanakan pamgatur lalin di lokasi tersebut, kami juga selalu memantau arus lalin lewat HT dan apabila dibutuhkan penambahan personil kami pihak Polsek tinggal memanggil ke penjagaan mako Polsek/Polres Bengkalis. 


Kemudian contoh kongkrit lainnya yaitu pada saat pengamanan gereja-gereja dalam menjelang ataupun hari H perayaan Natal, dimana terdapat 8 gereja di wilkum Polsek Bengkalis yang perlu dilakukan pengamanan dari personil Polri, dengan adanya HT kami dapat selalu memantau situasi kamtibmas yang ada dan juga dapat memantau dari keberadaan personil yang melaksanakan pengamanan di masing-masing gereja tersebut. 


Penggunaan HT ini di wilkum Polres Bengkalis sampai sekarang masih berlanjut dan sangat bermanfaat dalam mendukung tugas-tugas pokok Polri yaitu sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.


  • Identifikasi Point-point Variabel yang Menyebabkan Keberhasilan Perubahan

  1. Motivasi bagi anggota Polsek Bengkalis untuk melaksanakan patroli di wilkum Polsek Bengkalis dengan penambahan kendaraan dinas baik R4 maupun R2.

  2. Motivasi bagi anggota Bhabinkamtibmas untuk mengoptimalkan kegiatan sambang dan door to door system dengan kendaraan operasional.

  3. Sinergitas antara Bhabhinkamtibmas dengan masyarakat.

  4. Penambahan kendaraan dinas mampu menjangkau setiap wilayah di wilayah hukum Polsek Bengkalis .

  5. Terciptanya kegiatan Polmas antara masyarakat dan Polri dengan kegiatan patroli rutin yang dilaksanakan oleh Personil Polri di wilkum Polsek Bengkalis

  6. Terciptanya sarana komunikasi yang terhubung dalam satu kesatuan yaitu HT

  7. Kemudahan dalam sistem pelaporan dan kordinasi dalam hal situasi kamtibmas ke kesatuan Polres.


  • Critical Factor dari Kesuksesan Perubahan

  1. Motivasi semangat pelaksanaan tugas dengan penambahan sarana tranportasi dan komunikasi.

  2. Pengawasan yang intens terhadap kegiatan operasional personil dengan adanya HT.

  3. Kemampuan yang dimiliki personel ditunjang dengan kendaraan operasional baru.

  4. Kesiapan personil dalam bertugas dengan adanya penambahan sarana transportasi dan komunikasi. 

Ditulis Oleh AKP Bagus Harry Priyambodo
Penulis Adalah Mantan Kapolsek Bengkalis

BERITA LAINNYA
Perlunya Reformasi pendidikan
Senin, 24 Juli 2017 | 20:35
Sel Otak Hilang Akibat Kurang Tidur
Selasa, 06 Juni 2017 | 16:21
Pentingnya Pembentukan Karakter pada Anak
Minggu, 04 Juni 2017 | 14:49
Kisah Dibalik Honorer Kuansing
Rabu, 10 Mei 2017 | 16:24
Ada Apa dengan APBD Kuansing Tahun 2017?
Minggu, 16 April 2017 | 13:01
BERIKAN KOMENTAR
Top