Mengoptimalisasikan Transportasi Air yang Bebas Hambatan

Rabu, 05 Juli 2017 | 15:34
Husni Mubarak
Riau merupakan daerah maritim yang terpisah dari laut selat dan sungai hal ini menjadikan masyarakat riau yang tinggal didaerah pesisir melakukan perjalan menggunakan moda transportasi air seperti : kapal, sampan speedboat dan lain sebagainya , untuk menjangkau pulau satu ke pulau lainnya.

Selain itu juga, mata pencaharian masyarakat setempat sebagian besar adalah nelayan. Hampir sebagian besar kabupaten atau kota yang ada diriau punya dermaga atau pelabuhan termasuk ibukota provinsi riau yaitu Kota Pekanbaru yang di beri nama pelabuhan sungai duku.

Pelabuhan Sungai Duku adalah Pelabuhan pemberakatan yang terletak di jantung Kota Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau tepatnya di Jalan Tanjung Datuk. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan pemberangkatan domestik dan internasional, sebagai Sarana transportasi, pelabuhan tentu ikut terlibat didalam rantai perniagaan. 

Sehingga secara tidak langsung keberadaan pelabuhan penting juga bagi roda perekonomian pada wilwyah-wilayah sekitarnya.

Terminal Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru adalah prasarana transportasi untuk keperluan singgah, menurunkan penumpang dan barang dari kapal (jenis speedboat) atau sebaliknya.

Dan mengatur kedatangan juga keberangkatan penumpang pada jalur lalu lintas Sungai Siak di Kota Pekanbaru. Dari segi arsitektural, terminal ini bukan hanya sebagai tempat transisi, melainkan juga berfungsi sebagai landmark atau pintu gerbang Kota Pekanbaru. Pemberangkatan domestik adalah dengan tujuan Kabupaten Bengkalis, Kota Selat Panjang, Kabupaten Siak dan sekitarnya.

Untuk Internasional pelabuhan ini juga melayani pelayaran internasional seperti ke Malaka, Malaysia. Pelabuhan ini memiliki area parkir yang memadai. Setiap harinya pelabuhan ini melayani kapal-kapal yang berangkat dan berlabuh di Kota Pekanbaru. 

Penulis: Husni Mubarak, ST.M.Sc
Dari: Fakultas Teknik Universitas Abdurrab, Pekanbaru Riau


BERITA LAINNYA
Penyebab Tingginya Perceraian
Minggu, 01 Oktober 2017 | 13:45
Buku Sarana Menggapai Kemajuan
Senin, 25 September 2017 | 11:33
Jangan Ada Korban Berjatuhan
Kamis, 21 September 2017 | 19:11
Selamat Datang Mimpi
Minggu, 03 September 2017 | 20:45
Perlunya Reformasi pendidikan
Senin, 24 Juli 2017 | 20:35
BERIKAN KOMENTAR
Top