Pentingnya Pembentukan Karakter pada Anak

Ditulis Oleh: Syaiful Wahed
Minggu, 04 Juni 2017 | 14:49
Syaiful Wahed
PEMBENTUKAN karakter sangat penting dilakukan pada setiap anak. Selain berdampak pada anak itu sendiri, juga berdampak pada negara. Dimana karakter setiap masyarakat sangat menentukan kualitas suatu negara. Selain itu, karakter juga bisa menentukan masa depan suatu negara. Dalam membentuk karakter sangatlah tidak mudah. Diperlukan cara tersendiri untuk mengatasinya. Salah satunya dengan cara memasukkan pendidikan karakter di setiap mata pelajaran pada anak. Selain pendidikan karakter, peran  dari orang tua merupakan hal terpenting terbentuknya karakter yang baik dari setiap anak. Orang tua harus memperhatikan lingkungan, pergaulan dan masyarakat tempat anak itu tinggal. Hal itu perlu dilakukan karena ketiga faktor itu sangat mempengaruhi kepribadian atau karakter dari anak.
   
Di Indonesia banyak permasalahan yang diakibatkan oleh kurangnya pembentukan karakter. Salah satu contohnya di Jakarta, banyak anak terlibat dalam tawuran yang menyebabkan banyak korban, penyalahgunaan obat-obatan, miras, dll. Itu semua di sebabkan karena tidak adanya penanaman nilai-nilai akhlak, moral, dan budi pekertipada anak, sehingga anak akan bertindak semaunya sendiri tanpa memikirkan dampak akibat perbuatannya. seperti Dalam Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional harus menjadi dasar pijakan utama dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi sistem pendidikan nasional. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Contoh kasus yang baru-baru ini terjadi yaitu pengeboman di Jakarta pada 24 Mei 2017, dua ledakan yang terjadi di terminal bus Kampung Melayu, Jakarta Timur. Hal itu bisa terjadi karena gagalnya pembentukan karakter pada anak sehingga merugikan negara kita sendiri. Seharusnya kita sebagai warga Indonesia bisa menjaga keamanan dan kedamaian negara ini, tetapi karenakegagalan dalam pembentukan karaktersehingga menyebabkan kerusuhan dan ketidak nyamanan bagi masyarakat. Adanya kejadian tersebut membuat masyarakat resah dan cemas akan keselamatannya.

Dari itu semua di butuhkan pendidikan dan peran orang tua yang aktif terhadap pengaruh lingkungan. Disinilah kita sebagai orang tua harus mendidik anak dengan baik dan benar serta dibutuhkan pemantauan terhadap pola pikir dan tingkah laku pada anak. Selain itu, orang tua harus membina hubungan yang baik antara anak dan orangtua, karena hubungan yang baik dapat menimbulkan rasa nyaman dan aman pada anak. Anak juga akan merasa dirinya berharga dan sangat dibanggakan oleh kedua orang tua, sehingga anak akan berfikir bagaimana cara membanggakan kedua orang tuanya.

Pentingnya pendidikan karakter itu sendiri merupakan proses pembentukan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritualitas, dan kepribadian seseorang. Oleh sebab itu, pendidikan karakter atau pendidikan moral itu merupakan bagian utama dalam membangun jati diri di negara ini. Selain itu faktor keluarga juga mempunyai peranan penting dalam mempengaruhi anak. Di karenakan adanya hubungan yang hangat dan saling mendukung dalam keluarga dapat membentukan karakter yang positif pada anak.

Di zaman sekarang banyak remaja yang tidak mengetahui masalah etika, sehingga menyebabkan perilakunya tidak terkontrol. Pada dasarnya, masa remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Di masa ini terjadi perubahan besar secara fisik, intelektual, dan emosional yang menyebabkan kesedihan dan kebimbangan terhadap konflik yang dihadapi.

Banyak remaja yang belum bisa menyesuaikan tuntutan lingkungan dan masyarakat ketika mengalami suatu masalah. Sehingga banyak diantara mereka yang cenderung menghadapi masalah dengan melakukan hal-hal yang negatif seperti minum-minuman beralkohol hingga mengkonsumsi narkotika. Padahal mereka juga tahu bahwa tindakan tersebut bisa merusakmasa depan mereka sendiri. Namun karena kurangnya pendidikan karakter dan etika mereka menjadi gelap mata.

Dari penjelasan diatas kita tahu bahwa pentingnya pembentukankarakter pada anak sangat penting, karena bisa berdampak pada saat dewasa nanti. Jika dari kecil sudah diajarkan tentang etika dan karakter maka pada saat dewasa anak akan mempunyai kepribadian dan karakter yang baik. Selain itu hubungan yang baik antara orang tua dan anak akan menjadikan pikiran positif pada anak tersebut. Orang tua harus selalu memperhatikan tingkah laku dan perbuatan dari anaknya, jika si anak mengalami suatu masalah maka sebagai orang tua harus memberikan solusi yang terbaik untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi oleh anaknya.***


Penulis adalah Mahasiswa Jurusan ilmu keperawatan
Fakultas kesehatan Universitas muhammadiyah malang

BERITA LAINNYA
Penyebab Tingginya Perceraian
Minggu, 01 Oktober 2017 | 13:45
Buku Sarana Menggapai Kemajuan
Senin, 25 September 2017 | 11:33
Jangan Ada Korban Berjatuhan
Kamis, 21 September 2017 | 19:11
Selamat Datang Mimpi
Minggu, 03 September 2017 | 20:45
Perlunya Reformasi pendidikan
Senin, 24 Juli 2017 | 20:35
BERIKAN KOMENTAR
Top