• Home
  • Ruang Opini
  • Pelaksanaan Fungsi Pengawasan dan Pengendalian di Operasional Polsek Bengkalis

Pelaksanaan Fungsi Pengawasan dan Pengendalian di Operasional Polsek Bengkalis

Ditulis Oleh AKP Bagus Harry Priyambodo
Senin, 22 Mei 2017 | 21:37
AKP Bagus Harry Priyambodo
BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Pengawasan dan pengendalian (wasdal) merupakan salah satu fungsi manajemen yang memiliki peranan penting bagi pencapaian tujuan organisasi karena fungsi wasdal yang berorientasi pada proses dan hasil (pencapaian tujuan) bersifat korektif apakah proses dan output yang dicapai sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. 

Menurut George R. Tery (2006:395) pengawasan sebagai mendeterminasi apa yang telah dilaksanakan, maksudnya mengevaluasi prestasi kerja dan apabila perlu, menerapkan tindakan-tindakan korektif sehingga hasil pekerjaan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. 

Sedangkan menurut Sondang P. Siagian Pengawasan ialah proses pengamatan dari pelaksanaan seluruh kegiatan organisasi untuk menjamin agar semua pekerjaan yang sedang dilakukan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelumnya.

Salah satu definisi pengawasan adalah mendeterminasi apa yang telah dilaksanakan, maksudnya adalah mengevaluasi prestasi kerja dan apabila perlu, menerapkan tindakan tindakan korektif sehingga hasil pekerjaan sesuai dengan rencana-rencana. 

Controlling atau pengawasan dapat dianggap sebagai aktivitas untuk menemukan, mengoreksi penyimpangan penyimpangan penting dalam hasil yang dicapai dalam aktivitas-akitivitas yang direncanakan.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman Polri dituntut lebih profesional dalam melaksanakan tugas pokoknya yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mencegah terjadinya ancaman keamanan yang meresahkan masyarakat. Dengan situasi dan kondisi tersebut saya selaku Kapolsek Bengkalis melakukan upaya–upaya untuk melakukan pengawasan dan pengendalian di wilayah hukum Polsek Bengkalis agar masyarakat dapat merasa aman dan tentram dalam melaksanakan aktifitasnya dan terhindar dari gangguan kriminalitas. 

Untuk itu saya mengambil makalah ini dengan judul : PELAKSANAAN FUNGSI PENGAWASAN DAN 
PENGENDALIAN DI OPERASIONAL POLSEK BENGKALIS

BAB II
PEMBAHASAN

1. PELAKSANAAN FUNGSI PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN DI OPERASIONAL POLSEK BENGKALIS 

Pengawasan dan pengendalian operasional di Polsek Bengkalis, sangat penting dilaksanakan dikarenakan lokasi Polsek Bengkalis berada di pusat pemerintahan tingkat kabupaten yang dimana Bupati dan para pejabat Muspida yang berkantor di wilkum Polsek Bengkalis, termasuk juga Polres Bengkalis. 

Hal tersebut memberi dampak juga terhadap perekeonomian masyarakat Bengkalis yang berkembang pesat, kondisi ini juga menyebabkan meningkatnya tingkat kriminalitas di wilkum Polsek Bengkalis. 

Hal ini sangat penting dalam fungsi wasdal dalam penugasan operasional dan lapangan kepada para personil Polsek Bengkalis untuk menjamin Harkamtibmas yang tercatat secara terjenjang hirarki di wilayah hukum Polsek Bengkalis.

Dalam fungsi pengawasan dan pengendalian Oprasional sebagai Kapolsek terhadap para anggota Polsek Bengkalis dalam memastikan pelaksanaan tugas personil di lapangan berjalan dengan baik dan sesuai dengan SOP yang sudah digariskan oleh organisasi. 

Dalam struktur organisasi di Polsek Bengkalis seharusnya terdapat jabatan Wakapolsek dalam membantu tugas dan pekerjaan Kapolsek, namun pada kenyataannya jabatan wakapolsek tidak ada. 

Sebagai Kapolsek pada pelaksanaanya wasdal dibantu oleh beberapa Kanit dalam pembinaan operasional ke anggota dan Kasium dalam segala bentuk administrasi yang menunjang operasional di Polsek Bengkalis.

2. Tugas Pokok

Berikut merupakan tugas pokok dari para Kanit dan Kasium dalam membantu Kapolsek untuk wasdal kegiatan operasional dari seluruh personil polsek Bengkalis.

1. Kasium
SIUM yang dipimpin oleh KASIUM bertanggung jawab kepada Kapolsek bertugas menyelenggarakan perencanaan, pelayanan, administrasi umum, ketata usahaan dan urusan dalam pelayanan Markas, perawatan tahanan, serta pengelolaan barang bukti di lingkungan Polsek.

2. Kanit Sabhara 

Bertugas melaksanakan wasdal dalam hal Tujawali dan pengamanan kegiatan masyarakat dan instansi pemerintah, Obyek Vital, TPTKP, penanganan Tipiring dan Pengendalian masa dalam rangka pemeriharaan keamanan dan ketertiban masyarakat serta pengamanan markas.

3. Kanit Intel

Unit INTELKAM merupakan unsur pelaksana tugas pokok yang berada di bawah Kapolsek yang bertugas menyelenggarakan fungsi Intelejen di bidang Keamanan meliputi pengumpulan bahan keterangan/informasi untuk kerperluan deteksi dini (early Detection) dan peringatan dini ( early Warning), dalam rangka pencegahan terjadinya gangguan Keamanan dan ketertiban Masyarakat, serta pelayanan perizinan.

4. Kanit Reskrim

Unit RESKRIM merupakan unsur pelaksana tugas pokok yang berada di bawahKapolsek yang bertugas melaksanakan penyelidikan dan penyidikan tindak pidana termasuk fungsi Identifikasi.

5. Kanit Bimmas

Unit BINMAS merupakan unsur pelaksana tugas pokok yang berada di bawah Kapolsek yang bertugas melaksanakan pembinaan masyarakat meliputi kegiatan pemberdayaan Polmas, ketertiban masyarakat dan kegiatan koordinasi dengan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa, kegiatan kerjasama dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta mengawasi tugas dan laporan dari para bhabinkamtibmas di tiap-tiap desa.

6. Kanit Provost

Unit PROVOS merupakan unsur pengawas yang berada dibawah Kapolsek yang bertugas melaksanakan pembinaan disiplin, pemeliharaan ketertiban, termasuk pengamanan internal, dalam rangka penegakan disiplin dan kode etik profesi Polri dan pelayanan pengaduan masyarakat tentang penyimpangan prilaku dan tindakan personel polri.

7. KSPKT

SPKT merupakan unsur pelaksana tugas pokok yang berada dibawah Kapolsek yang bertugas memberikan pelayanan Kepolisian secara terpadu terhadap laporan/pengaduan masyarakat, memberi- kan bantuan dan pertolongan, serta memberikan pelayanan Informasi.

3. Wasdal Kegiatan Operasional dan Kegiatan Rutin Polsek Bengkalis

Kegiatan wasdal ini dilakukan oleh masing-masing Kanit di lapangan baik dalam hal pelayanan masyarakat. Kegiatan rutin sehari-hari seperti Turjawali, Penjagaaan mako dan jaga tahanan di lingkungan Polsek Bengkalis. 

Seluruh kegiatan operasional tersebut selalu terpantau melalui HT dan juga laporan via dokumentasi yang saya wajibkan kepada seluruh personil dikirim melalui group whatsapp di lingkungan Polsek Bengkalis. Guna mengoptimalkan tugas dari masing-masing Kanit saya juga membebas tugaskan kanit untuk terlibat piket 1x12 jam.

A. Wasdal Rengiat dan Laporan

Mekanisme fungsi wasdal yang dilaksanakan oleh saya yaitu melalui penyusunan rengiat mingguan dan bulanan pada masing-masing unit yang dibuat oleh masing-masing unit untuk memploting tugas dari tiap-tiap personil. 

Selama kegiatan operasional berlangsung para personil diwajibkan melaporkan kepada Kanit dan Kapolsek baik laporan dalam bentuk laporan harian dan disertai dokumentasi kegiatan.

Setiap minggunya yaitu tiap hari senin dilaksanakan apel pimpinan oleh Kapolsek yang diwajibkan seluruh anggota Polsek baik yang dinas luar maupun dinas dalam wajib mengikutinya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan rapat anev tentang masing-masing kinerja dari personil di ruang rapat polsek Bengkalis yang bertujuan mengetahui apakah perintah telah terlaksana ataukah belum serta apa kendala yang dihadapi bila belum terlaksana. 

Di kegiatan anev tiap minggunya ini juga dengan maksud memberikan briefing/arahan tentang tugas/perintah yang akan dilaksanakan dan target yang harus dicapai oleh anggota.

Evaluasi Bulanan juga selalu saya lakukan dengan mengumpulkan seluruh Kanit dan Kasium dalam hal pengumpulan laporan dari tiap-tiap unit untuk memberikan wasdal terhadap segala bentuk administrasi dan laporan yang akan dikirim ke Polres atau Polda. 

Hal ini juga diperuntukkan untuk menganev hasil pengamatan dari masing-masing Kanit terhadap kinerja dari personil Polsek Bengkalis.

B. Pembinaan Jasmani dan Rohani

Kegiatan pembinaan Jasmani rutin saya laksanakan tiap hari jumat dengan kegiatan seluruh personil yang tidak sedang melayani masyarakat difokuskan untuk berolahraga yang terpimpin oleh Kapolsek baik itu lari bersama, bermain volley dan  senam aerobic. 

Pada Hari Jumat ini juga selalu saya selingi dalam hal gotong royong bersama dengan warga di desa-desa ataupun lurah. Baik itu dalam hal kerja bakti bersama dan juga pembuatan skat kanal untuk mengantisipasi karhutla yang sering terjadi di wilkum Polsek Bengkalis terlebih pada musim kemarau. 

Kegiatan ini sangat baik dalam menjaga silaturahmi antara Polri dan masyarakat dalam implementasi Polmas di wilkum Polsek Bengkalis. 

Kegiatan penyegaran Rohani juga rutin kami laksanakan tiap hari kamis pagi  setelah pelaksanaan apel pagi, kepada seluruh personil Polsek Bengkalis yang tidak sedang melayani masyarakat. Kegiatan agama ini dibagi dari personil sesuai dengan agamanya masing-masing.

C. Coffe Morning

Guna membangun komunikasi dengan seluruh personil dengan cara yang lebih santai dan relax. Setiap minggunya yaitu hari Senin setelah pelaksanaan anev mingguan Polsek Bengkalis mengadakan coffe morning yang berlokasi berpindah-pindah di kedai kopi yang ada di wilkum Polsek Bengkalis.

Coffee morning ini bertujuan untuk saling sharing dan sebagai wadah untuk menyampaikan informasi tentang pelaksanaan tugas baik yang sudah dilaksanakan maupun yang belum dilaksanakan. 

Kegiatan coffe morning ini tidak hanya bersama oleh intern Polsek Bengkalis tapi juga bersama dengan wartawan dari beberapa media cetak dan online di wilkum Polsek Bengkalis. 

Dengan adanya kegiatan ini, banyak saran dan masukan yang saya dengar langsung dari masing-masing personil dan wartawan dalam hal kegiatan yang menyangkut harkamtibmas. 

Coffe morning ini juga bermanfaat dalam menjaga keakraban sesama personil dan menjalin silaturahmi serta kekompakkan di intern Polsek Bengkalis maupun dengan para wartawan media online dan cetak di wilkum Polsek Bengkalis.

Di samping itu, diluar dari kegiatan rutinitas diatas, Polsek Bengkalis juga kerap kali terlibat bersama personil Polres Bengkalis dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan besar yang membutuhkan personil tambahan dari Polsek Bengkalis seperti demonstrasi, pemadaman api karhutla, pengamanan konser dll. 

Untuk itu saya juga memperkuat personil yang melaksanakan standby di Polsek terutama kekuatan pada pelaksanaan piket Mako. Kebijakan piket 1x12 jam saya berikan kepada personil yang melaksanakan piket, hal ini dimaksudkan agar personil yang standby lebih banyak dan hal ini juga lebih mudah dalam hal wasdal terhadap para personil Polsek Bengkalis. 

Dengan sistem piket 1x12 jam ini memudahkan saya untuk mengumpulkan seluruh anggota Polsek Bengkalis apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Dari segi Pembinaan pam swakarsa ini juga tetap dilaksanakan baik di tingkat kelurahan maupun di tiap-tiap desa yang meliputi kegiatan siskamling, pengamanan oleh security dll. Kegiatan-kegiatan ini dikordinir dan diawasi oleh Kanit Bimmas dan para Bhabinkamtibmas di tiap-tiap kelurahan dan desa di wilkum Polsek Bengkalis.

BAB III
KESIMPULAN
 
Berdasarkan pada pembahasan di atas dan menyadari berbagai keterbatasan yang dimiliki Opersional Polsek Bengkalis. Namun demikian kegiatan operasional di wilkum Polsek Bengkalis dalam rangka menjaga harkamtibmas harus tetap berjalan. 

Pemberdayaan tenaga yang tepat dan terarah dari personil yang ada di Polsek Bengkalis sangat menentukan dalam menunjang kesuksesan dalam hal harkamtibmas  di wilkum Polsek Bengkalis. 

Fungsi pengawasan dan pengendalian yang terarah baik 
dari tingkat pimpinan maupun pelaksana di lapangan sangat diperlukan.

Peningkatan sumber daya manusia juga merupakan cara yang paling efektif dan efisien dalam mendukung tugas pokok polri untuk menjaga harkamtibmas di wilkum Polsek Bengkalis. 

Untuk itu secara bergiliran saya selalu mengusulkan kepada bag sumda Polres Bengkalis, apabila ada kegiatan diklat, dikjur dan pelatihan baik di Polda maupun di tingkat Lemdiklat Polri. 

Dan yang tidak kalah pentingnya dalam hal pengawasan dan pengendalian operasional dalam memimpin suatu Polsek adalah control. Sehingga kita dapat melihat langsung kinerja anggota di lapangan dan dapat dijadikan evaluasi untuk menjadi lebih baik kedepannya. 

Sehingga diharapkan seluruh operasional kegiatan di Polsek dapat terkendali dan terarah sesuai dengan standart operasional prosedur yang ada. Dan terlebih yang sangat penting yaitu harkamtibmas di wilkum Polsek Bengkalis tetap terjaga sehingga masyarakat dapat menjalankan aktifitas dengan aman dan tentram.***

Ditulis Oleh AKP Bagus Harry Priyambodo
Penulis Adalah Mantan Kapolsek Bengkalis

BERITA LAINNYA
Jangan Mengeluh & Syukuri Menjadi Seorang Pendidik
Minggu, 10 Desember 2017 | 13:56
Penyebab Tingginya Perceraian
Minggu, 01 Oktober 2017 | 13:45
Buku Sarana Menggapai Kemajuan
Senin, 25 September 2017 | 11:33
Jangan Ada Korban Berjatuhan
Kamis, 21 September 2017 | 19:11
Selamat Datang Mimpi
Minggu, 03 September 2017 | 20:45
BERIKAN KOMENTAR
Top