• Home
  • Rohul
  • Polres Rohul Bersama Tim Satgas Pangan Tinjau Pasar Modern, Harga Masih Stabil

Polres Rohul Bersama Tim Satgas Pangan Tinjau Pasar Modern, Harga Masih Stabil

Selasa, 24 Desember 2019 | 11:03
tnr
RIAUGREEN.COM- Jelang Natal 2019 dan  Tahun Baru 2020 Jajaran Polres Rokan Hulu  bersama Tim Satgas Pangan Pemkab Rohul,  melakukan Inpeksi Mendadak (Sidak),  di Pasar Modren, Kampung Padang,  Kecamatan Rambah, Senin  (22/12).

Dalam giat pemeriksaan pasar dan sidak tersebut,   dipimpin,  Kanit Tipiter Polres Rohul, IPDA Nanang Pujiono, SH melalui Banit II Satrekrim  Aipda Joko Santoso,  SAP,  bersama tim yakni Sekretaris Diskoperindag,  Firdaus Nasution,  Kabag Ekonomi Pembangunan Setdakab Rohul,  Rudi Jaya.

Kemudian, Kabid Perdagangan, Ira Puspita,  Kasi Pengendalian dan Pengamanan Indra Gunawan, Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan,   Denis Hendra, Staf Disperindag Maddin Siregar, Manager Operasional Pasar Modren Jajalus dan lainnya.

Pada kesempatan itu, disampaikan Banit II Satrekrim  Aipda Joko Santoso,  SAP,  pihaknya bersama Satgas Pangan  Rohul melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di Pasar Modern.

"Dari pemantauan kita untuk harga kebutuhan pangan masyarakat, rata-rata masih stabil,  cuma telur Ras mengalami kenaikan, nanti kita cek apa penyebabnya, " imbuhnya.

Seterusnya, Manager Operasional Pasar Modren Jajalus mengakui pihaknya selalu intensif kerjasama mengenai perkembangan harga dengan bagian yang  menangani eknomi di Polres Rohul.

" Hampir setiap hari kita menyampaikan perkembannya,  cuma  tadi yang paling mencolok itu, harga telur  biasa Rp 40 ribu kini sampai 46 ribu," tuturnya.

Kemudian Kabag Ekonomi Pembangunan Setdakab Rohul,  Rudi Jaya, Satgas Pangan sebenarnya pengawasan  ini rutin dilakukan  menjelang hari-hari besar.

"Langkah yang  dilakukan Satgas ini,  sebagai langkah antisipasi, khusus kita di Rohul yang penting itu  barangnya ada, kalau masalah harga tidak terlalu persoalaan,  jadi kita antisipasi jangan sempat terjadi kelangkaan," paparnya.

Di tempat, berbeda dikonfirmasi Kapolres Rohul  AKBP Dasmin Ginting, SIK melalui melalui Kasat Reskrim AKP Aslely  Farida Turnif di dampingi Kanit Tipiter  menyampaikan operasi ini, dilakukan untuk memastikan harga dan tidak terjadi kelangkaan kebutuhan pokok di tengah-tengah masyarakat,  jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Hasil  pemantauan kita di lapangan yang dipimpin Banit II Satrekrim,  Aipda Joko Santoso,  SAP,  masih berjalan normal, cuma telur yang agak mencolok, nanti kita akan chek apa penyebabnya,  sehingga bisa normal kembali, " pangkasnya.

"Sampai saat ini harga Sembako masih normal. Kita lihat, misalnya cabai, bawang dan kebutuhan lainnya masih stabil harganya," ujarnya.

Sebab lanjutnya,  tidak hanya menjamin stabilitas harga dan ketersediaan Sembako di pasaran, Satgas Pangan juga terus memonitor jalur distribusinya yang notabene dipasok dari provinsi tetangga seperti Telor Ayam dari Payakumbuh-Sumatera Barat.

Dalam sidak tersebut,  tim juga berbincang-bincang dengan para pedagang, memastikan tidak adanya spekulan yang memainkan harga Sembako, memanfaatkan momentum Natal dan tahun baru. Selain itu, Satgas juga mengecek langsung, apakah ada pungutan liar (Pungli) yang dialami masyarakat, dalam hal ini pedagang.

"Sejauh ini kita tidak menemukan adanya spekulan. Kita imbau agar jangan ada yang manfaatkan momen ini (Nataru) untuk menaikkan harga. Kita upayakan perayaan Natal dan tahun baru, masyarakat nyaman dan harga terjaga," tegasnya.

"Kita tadi juga tanyai para pedagang, apakah ada punguntan di jalan, di lapak apa ada preman dan sampai sekarang belum ada. Kita Polres siap back up semua agar semua itu tidak terjadi," tutupnya.

Dalam peninjauan Polres Rohul bersama Tim Satgas Pangan tersebut yakni,Daging Sapi  dengan harga  Rp 120 per Kg,   Cabai Merah Rp 28 Ribu Perkg, Bawang Merah Rp 30 Ribu per Kg,  Telur  Ayam Ras, 43 Ribu Perpapan naik menjadi  Rp 46 Ribu perpapan,  biasanya 36 Ribu Perpapan,

Kemudian, Daging Ayam  Rp 30 Ribu per Kg,  Minyak Goreng 12 Ribu,  Tepung Terigu Rp 7 ribu, Ikan Laut basah Rp 25 Ribu  Per Kg,  beras  antara Rp 10 Ribu sampai Rp 11 Ribu per Kg dan lainnya.(tnr)

Loading...
BERITA LAINNYA
Polres Rohul Tes Urin Supir Bus Angkutan Penumpang
Selasa, 24 Desember 2019 | 20:03
BERIKAN KOMENTAR
Top