• Home
  • Rohul
  • Pemkab Rohul Bantu Korban Putting Beliung di Kelurahan Rokan

Pemkab Rohul Bantu Korban Putting Beliung di Kelurahan Rokan

Kamis, 05 September 2019 | 14:06
Sekda Rohul memberikan bantuan secara simbolis, berupa kebutuhan sehari-hari kepada perwakilan warga yang rumahnya terkena puting beliung
ROHUL., RIAUGREEN.COM - Angin kencang yang disertai hujan deras yang terjadi wilayah Rokan Hulu, Selasa (3/9) sekitar pukul 17.00 Wib. Mengakibat 12 unit rumah semi permanen di Kelurahan Rokan IV Koto Kecamatan Rokan IV Koto mengalami rusak berat dan rusak ringan, akibat diterjang angin puting beliung.
   
Dari musibah alam tersebut, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Karena warga yang saat itu sedang berada di dalam rumah, keluar menyelamatkan diri. Hanya atap seng yang dibawa terbang oleh angin kencang yang disertai hujan deras dengan disertai butiran es dan ditimpa pohon yang ada disekitar rumah.
   
Sebagai bentuk prihatin dan kepedulian terhadap 12 kepala keluarga yang rumahnya rusak akibat musibah alam itu, Bupati Rohul H Sukiman yang diwakili Sekda Rohul H Abdul Haris Ssos MSi, Rabu (4/9) siang, meninjau langsung kelapangan untuk melihat kondisi kerusakan rumah dan menerima aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat yang rumahnya terkena bencana alam puting beliung. 
   
Sekda Rohul H Abdul Haris SSos MSi kepada Riau Pos, Rabu (4/9) menjelaskan, paska terjadinya angin putting beliung, Personil BPBD Rohul langsung turun dan melihat kondisi rumah warga yang rusak akibat ditimpa pohon.
   
''Hari ini, BPBD bersama pemerintah kecamatan dan masyarakat Kelurahan Rokan ikut membantu membersihkan rumah warga yang atapnya terbang diterjang angin putting beliung. Dan memotong pohon menimpa rumah dengan mesin chainsaw. Sekaligus pemerintah daerah menyerahkan bantuan untuk keperluan dapur korban angin putting beliung,'' ujarnya.

Haris mengaku, BPBD Rohul telah melakukan pendataan terhadap 12 rumah warga di Kelurahan Rokan yang rusak diterjang angin putting beliung, tiga diantaranya rusak berat, dan 9 unit rumah rusak ringan. Sejauh ini warga yang atap rumahnya rusak, mereka tetap menempati rumahnya, dengan memasang terpal. Sedangkan ada warga yang mengungsi kerumah keluarganya.
   
Dijelaskannya, akibat angin kencang disertai hyujan deras, 12 rumah semi permanen yang rusak kebanyakan akibat tumbangnya pohon yang ada disekitar rumah, seperti pohon mangga, pohon pinang, dan beberpa pohon yang menimpa rumah, dan atap yang terbang,
   
''Pemkab Rohul untuk sementara baru membantu kebutuhan peralatan dapur kepada warga yang rumahnya terkena putting beliung. Sekarang BPBD Rohul masih menghitung kerugian masyarakjat, setelah itu Pemkab Rohul akan membantu untuk memperbaiki kerusakan 12 rumah warga yang diterjang angin putting beliung. Insya allah lusa nantinya akan diperbaiki. Dengan harapan bantuan pemerintah ini dapat meringankan beban masyrakat yang tertimpa musibah alam,'' katanya. (epp)

Loading...
BERITA LAINNYA
Pasca Pelantikan, DPRD Bahas Agenda Penting
Kamis, 05 September 2019 | 14:09
BERIKAN KOMENTAR
Top