• Home
  • Rohul
  • FKUB Rokan Hulu Imbau Seluruh Umat Beragama Jaga Keutuhan NKRI

FKUB Rokan Hulu Imbau Seluruh Umat Beragama Jaga Keutuhan NKRI

Selasa, 20 Agustus 2019 | 16:45
Ketua FKUB Rohul Firdaus
ROHUL, RIAUGREEN.COM - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, menghimbau seluruh umat beragama di Rohul dapat meningatkan kerukunan dan toleransi Demi menjaga keutuhan NKRI.

Ketua FKUB Rohul Firdaus, Selasa (20/8/2019) mengatakan, Sebagai daerah majemuk, Rohul tetap memiliki Potensi terjadinya disharmonisasi antar Umat beragama. Untuk itu, Sikap saling menghargai dan Toleransi antar agama perlu lebih di perkuat sehingga terciptanya suasana harmonis dan kondusif.

"Di Rohul terdapat beberapa agama seperti islam, kristen, katolik dan budha. kami meminta umat beragama di rohul dapat meningkatkan rasa toleransi, sehingga suasana di rohul tetap aman dan kondusif." kata Firdaus. 

Dikatakan Firdaus, Salah satu potensi yang mengancam keharmonisan antar umat beragama yaitu terbukanya informasi di media social saat ini.

"Sekarang semua orang bebas bicara terbuka termasuk urusan yang menyangkut SARA, tanpa memikirkan dampaknya, ini salah satu factor yang bisa menganggu harmonisasi antar umat beragama" Ucapnya.

Meski demikian, Lanjut Firdaus, dari pantauan FKUB hubungan antar agama di Rohul masih relative masih terjaga dengan baik. FKUB terus menghimbau masyarakat rohul dapat menjaga suasana kondusif, menjauhi dan menghindari Postingan kalimat yang mengandung ujaran bencian antar agama serta tetap mengedepankan jalu dialog lintas agama ketika ada permasalahan.

"Bagi masyarakat di Rohul, pada prinsipnya semua agama itu menginginkan hal yang sama yaitu bagaimana bisa tenang damai tidak terjadi gesekan."

Selain itu, FKUB menghimbau kepada seluruh masyarakat di kabupaten Rohul dapat selektif dalam menggunakan media sosial serta benar-benar memahami undang-undang Komunikasi dan Informasi sehingga terhindar dari jerat hukum UU ITE.

"para tokoh agama juga kita himbau agar dapat menghimbau jemaahnya untuk tetap mejaga persatuan dan kesatuan sehingga kerukunan umat beragama di Rohul tetap mantap dan terjaga dengan baik," imbaunya.

"Jika terjadi persaoalan antar umat beragama, FKUB meminta kepada kepada seluruh Umat Beragama di Rohul dapat menahan diri serta segera menuntaskan permasalahan ketika terjadi persoalan antar umat beragama. hal itu bertujuan, agar permasalahan antar umat agama, tidak meluas dan tidak merusak kerukunan yang selama ini sudah terjalin," pungkasnya. (gus)

Loading...
BERITA LAINNYA
Pasca Pelantikan, DPRD Bahas Agenda Penting
Kamis, 05 September 2019 | 14:09
BERIKAN KOMENTAR
Top