• Home
  • Rohul
  • Juara I Pemenang Pawai Takbir di Rohul akan Dihadiahi Uang Tunai Rp8 Juta

Juara I Pemenang Pawai Takbir di Rohul akan Dihadiahi Uang Tunai Rp8 Juta

Minggu, 11 Agustus 2019 | 22:04
ROHUL, RIAUGREEN.COM - Pawai Takbiran Hari raya Idul Adha 1440 H, Sabtu (10/8/2019) di Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, berlangsung meriah. Puluhan Mobil Hias berornamen Islami turut mewarnai kemeriahan Pawai Takbiran yang di gelar di Jalan Tuanku Tambusai, Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah.

Rombongan Peserta Pawai Takbiran Idul Adha 1440 H ini, di lepas Bupati Rohul H. Sukiman serta dihadiri Kapolres Rohul AKBP Hasyim Risahondua, Kepala PN Sunoto SH. MH, Kepala Kantor Kementerian Agama Rohul H. Syahrudin M.sy Serta Kepala Dinas Badan Dan Kantor di lingkungan Pemkab Rohul. Sebelum melepas Pawai Takbiran, Bupati Rohul berserta Forkompinda menabuh bedug. 

Dari pantauan di lapangan,  para peserta Lomba menghadirkan berbagai Mobil hias berbentuk seperti Miniatur Ka"bah,  Miniatur Al-Qur'an dan Bentuk masjid, bahkan ada juga beberapa mobil hias yang membawa Hewan Qurban yang akan di Qurbankan pada esok hari.

Namun Sayangnya, dalam parade Mobil hias ini, Masih banyak peserta Yang mengabaikan aspek keamanan dan keselamatan dalam berlalulintas,  dimana banyak peserta yang membawa anak-anak dengan Mobil Bak terbuka.

Kehadiran parade mobil hias ini disambut antusias oleh ribuan warga di Kecamatan Rambah yang memadati Pedestrian Jalan Tuanku Tambusai.

Dalam sambutannya,  Ketua Panitia malam Takbiran Idul Adha yang juga PLH Asisten II Irpan Rido S.sos menyampaikan, pelaksanaan pawai Takbiran ini bertujuan untuk menghidupkan dan menyemarakan syiar Islam serta memahami makna kemenangan dalam Islam Sebagai sarana untuk merajut ukwah Islamiah dibawah takbikr tahlil dan tahmid.

"Dari laporan Peserta pawai takbir yang diundang mencapai 25 masjid di Kecamatan Rambah dan diberikan insentif berupa bantuan uang BBM" ujar Irpan Rido.

Lebih lanjut diterangkannya, kegiatan Pawai Takbiran akan di nilai oleh 3 Unsur Dewan Juri masing-masing dari Kemenag Rohul yang akan menilai keindahan lafadz takbiran. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan menilai kerapian dalam berpawai serta dinas pendidikan yang akan menilai ketertiban dalam pawai.

"Untuk juara 1 akan diberikan Hadiah Rp.8 juta Rupiah, Juara 2 Rp. 7 juta dan juara 3 sebesar Rp. 6 juta. Hadiah nantinya akan langsung tidak  ditransfer ke rekening masjid yang dinyatakan sebagai pemenang" Terangnya.

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman Memberikan apresiasi terhadap tingginya antusias masyarakat Rohul dalam mengikuti pawai takbiran ini. hal ini menandakan tingginya semangat Masyarakat Rohul dalam menggelorakan semangat Islamiah.

"Saya berharap Pawai takbiran ini dapat  mempererat silaturahmi baik sesama muslim dan antar umat beragama lain nya sesuai dengan  syiar agama Islam yang mengedepankan kedamaian dam mencerminkan nilai-nilai rahmatan Lil Alamin".

Dalam kegiatan tersebut, Sukiman mengajak masyarakat Rohul untuk meresapi Hikmah Hari Raya Qurban serta Kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Semangat berkurban dari Kedua Nabi Allah tersebut, hendaknya diaplikasikan masyarakat Rohul dalam Konteks Pembangunan daerah.

Banyak Pengorbanan yang bisa diberikan untuk pembangunan daerah, seperti  dengan memberikan berkontribusi dalam hal pemikiran, taat membayar pajak, dan memelihara persatuan dan kesatuan serta menjaga kedamaian dan kondusifitas daerah.

" Mari kita jadikan Momentum Hari Raya Idul Adha Ini sebagai momentum merajut persatuan dan kesatuan kita serta menggelorakan semangat berkurban demi kemajuan daerah yang kita cintai" Pungkasnya. (Gus)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top