• Home
  • Rohul
  • BPBD Rohul Kaji Perpanjangan Status Tanggap Darurat Banjir

BPBD Rohul Kaji Perpanjangan Status Tanggap Darurat Banjir

Senin, 08 Januari 2018 | 15:51
Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Rohul Aceng Herdiana
ROHUL, RIAUGREEN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Riau, tengah mengkaji perpanjangan satatus tanggap darurat banjir di rokan hulu. selain akan habis masanya pada tanggal 9 januari esok,  masih adanya beberapa daerah di Rohul yang masih tergenang banjir, menjadi salah satu alasan rencana perpanjangan status tanggap darurat banjir tersebut.
 
Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Rohul Aceng Herdiana, saat di konfirmasi Senin (08/01/2018) mengatakan, penetapan status tanggap darurat banjir segyogyanya sudah di tetapkan pada tanggal 27 Desember 2017 sampai Tanggal 9 Januari 2018.
 
"Kita saat ini tengah mengkaji apakah status tanggap daruat itu akan kita lanjutkan atau stop sampai disini. Itu tergantung dari situasi dan kondisi daerah," terang aceng.
 
Beberapa pertimbangan yang menjadi latar belakang perpanjangan status tanggap daruat tersebut, lanjut aceng yaitu masih adanya beberapa desa di rohul yang digenangi banjir. Beberapa desa tersebut masing-masing Desa Ulak Patian, desa Rantau Binuang Sakti di Kecamatan Kepenuhan dan Sebagian besar desa di Bonai Darusalam.
 
Selain itu, ada juga analisa cuaca BMKG yang menyatakan perkiraan cuaca di Rohul kedepan dipredikisi masih akan dominasi hujan hingga awal februari mendatang, ini juga menjadi salah satu pertimbangan kita untuk memperpanjang status tanggap darurat banjir katanya.
 
Disinggung, kisaran waktu yang akan ditetapkan jika seandainya status tanggap darurat tersebut jadi diperpanjang, aceng menyebutkan, hal itu tergantung dari situasi dan kondusi banjir. Namun berkaca dari pengalaman banjir di hilir sungai yang lama waktunya hinga berminggu-minggu, diperkirakan status tanggap darurat akan di terapkan 1 bulan kedepan.
 
"Tujuan penetapan status tanggap daruat ini untuk memudahkan bpbd rohul dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat karena dengan pentepan satatus ini, kita secara hukum dilindungi untuk melakukan upaya segera dan urgens  dan tidak perlu melalui proses panjang," pungkasnya. (don)

BERITA LAINNYA
Kesbangpol Rohul Taja Sosialisasi Pilgubri
Selasa, 17 April 2018 | 15:48
Lagi, Beruang Madu Serang Petani Karet di Riau
Senin, 16 April 2018 | 11:38
Rumah Warga Desa Pagaran Tapah Ludes Dilalap Api
Selasa, 10 April 2018 | 13:48
BERIKAN KOMENTAR
Top