• Home
  • Rohul
  • Penyebab Banjir di Ujungbatu Akibat Drainase Tersumbat

Penyebab Banjir di Ujungbatu Akibat Drainase Tersumbat

Rabu, 27 Desember 2017 | 11:51
ROHUL, RIAUGREEN.COM - Warga Kecamatan Ujung Batu,Kabupaten Rokan Hulu,Riau mengharapkan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Riau, segera melakukan Normalisasi terhadap Drainase di Kecamatan Ujung Batu, Khusunya Daerah yang menjadi langganan Banjir. Karena buruknya sistem drainase di kecamatan ujung batu menjadi salah satu penyebab banjir.
 
Salah satu daerah langganan banjir di kecamatan ujung batu, adalah desa suka damai. Di desa suka damai terdapat sekitar 85 Kepala Keluarga, yang terkena banjir karena buruknya sistem drainase yang tak mampu mengalirkan air ke sungai Rokan Kiri sebagai sungai utama. Bahkan, banjir pada tahun ini semakin tinggi dari tahun sebelumnya, dimana banjir telah mencapai sepinggul orang dewasa.
 
Untuk itu masyarakat dan pemerintah Kecamatan Ujung Batu dibantu BPBD Rohul dan Dinas PUPR Minggu (24/12/2017) melakukan pengerukan drainase. dengan menggunakan alat berat eskavator milik Dinas PUPR , tumpukan sampah rumah tangga yang menyumbat gorong-gorong, satu persatu diangkat ke mobil dump truck. 2 unit mobil damkar dari BPBD dan pemadam kebakaran juga dikerahkan untuk membersihkan gorong-gorong yang tersumbat.
 
Ketua RW 03 Suka Damai  Ali Rusda mengakui, salah satu penyebab banjir di desa suka damai adalah tersumbatnya drainase dan gorong-gorong ke sungai rokan. Ali Rusda mengakui, pihaknya sebenarnya sudah beberapa kali mengusulkan perbaikan dan pembersihan drainase kepada pemerintah kabupaten rokan hulu, tapi sayangnya hingga kini tak pernah direalisasikan.
 
"Alhamdulilah, Pada tahun ini pemerintah Kecamatan ujung batu cepat tanggap melihat persoalan masyarakat dengan melakukan pembersihan gorong-gorong, sehingga banjir tidak  terlalu parah, meski daerah kami masih tergenang banjir," kata Ali Rusda.
 
Sementara itu, Camat ujung batu Fisman Hendri,S.Hut mengakui, gorong-gorong di desa suka damai tidak dibersihkan sejak 5 sampai 7 tahun. pemerintah kecamatan ujung batu sudah mengusulkan pembangunan bok culvert kepada pemkab rohul. tetapi hingga kini belum terealisasi.
 
"Agar banjir tidak semakin parah, maka  pemerintah Kecamatan Ujung batu, BPBD Rohul, Dinas PUPR dan masyarakat telah melakukan pembersihan gorong-gorong yang terbukti efektif  menyebabkan banjir surut," ucap Fisman.
 
Dilanjut Fisman Hendri, di Kecamatan ujung batu terdapat  6 titik banjir dimana titik terparah berada di desa suka damai, kampung sawah, ujung batu timur dan  pematang tebih. namun berkat adanya upaya gotong royong normalisasi drainase ini banjir di ujung batu diharapkan kedepan banjir ini tidak terjadi lagi. (don)

BERITA LAINNYA
Bupati Sukiman Rakornas Bersama Lintas Kementerian
Selasa, 06 September 2022 | 09:30
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top