• Home
  • Rohul
  • Bapenda Rohul Gelar Bimtek Admin Desa Mandiri PBB-P2

Bapenda Rohul Gelar Bimtek Admin Desa Mandiri PBB-P2

Rabu, 04 Oktober 2017 | 19:09

ROHUL, RIAUGREEN.COM - Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Kabupaten Rokan Hulu Menggelar  Bimbingan Tekhnis Terhadap Admin Desa Mandiri PBB P2 yang Akan Segera Di Launcing Bapenda Rohul Dalam Waktu Dekat. 

Admin PBB P2 Ini, Nantinya Akan Mengelola Sistem Informasi Dan Operasi Pengelolaan Pbb P2 Di Desa Mereka Masing-Masing.

Plt Kepala Bapenda Rohul Joni Mukhtar, Rabu (04/10/2017) kepada wartawan mengatakan, program desa mandiri PBB P2, adalah inovasi baru, Badan Pendapatan Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Dari Sektor Pbb P2.

Dalam Program Ini, Bapenda Mempercayakan Kewenangan Pengelolaan Dan Pemungutan Pajak PBB P2 Ke Desa, mulai dari pendataan wajib pajak, hingga pemungutan pajak PBB P2 ke masyarakat.

"Untuk menunjang pelaksanaan program PBB P2 ini, dibutuhkan tenaga administrasi dalam mengoperasional Aplikasi Sistem Informasi dan Operasional Pajak PBB P2 sehingga kita harapkan melalui Bimtek ini Admin-admin yang ditunjuk desa untuk menjalankan aplikasi dapat mahir dan mengelola peencatatan PBB P2 ini secara optimal," terang joni mukhtar.

Pria yang akrab disapa Ucok ini mengaku, untuk tahap awal ini Bapenda menunjuk 3 desa sebagai pilot projek desa mandiri PBB P2 diantaranya Desa Pematang Berangan, Desa Rambah Tengah Utara,  Dan  Desa Babusalam.

"Program desa mandiri PBB P2 ini akan kita lakukan secara bertahap. dari 3 desa mandiri PBB P2 yang menjadi pilot projek ini kita akan lihat progres nya seperti apa, dan kita harapkan 3 desa ini dapat menjadi barometer untuk desa lainya dalam memaksimalkan pemungutan pajak PBB P2," terangnya.

Joni mengakui penujukan admin yang akan mengoprasikan aplikasi Sismiop PBB p2, ditunjuk sendiri oleh desa. alasanya karena bapenda menimbang, dalam pemungutan pbb p2 dibutuhkan orang-orang yang  memahami betul karakter masyarakat diwilayahnya, sehingga masyarakat wajib pajak bisa secara sukarela dalam membayarkan kewajibanya.
 
Joni juga mengakui, program desa mandiri PBB P2 ini belum pernah dilakukan di indonesia, dan kabupaten rohul adalah kabupaten pertama yang sudah meng aplikasikan program ini.

" Ini adalah tantangan skaligus kebanggaan bagi kita. untuk itu kami berharap ada sinergitas antara  bapenda dan desa untuk mensukseskan program ini. para admin yang sudah ditunjuk desa menjadi salah satu bagian dalam mensukseskan program ini, sehingga kedepan prgram ini bisa menjadi rujukan nasional," ungkap ucok memotivasi para peserta bimtek.

Launcing Program Desa Mandiri PBB P2, Nantinya Akan Dilakukan Pada Tanggal 9 Oktober Mendatang. Diharapkan Melalui Porgam Ini, Dapat Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Khusunya Dari Sektor Pbb P2. (Don)


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top