• Home
  • Rohul
  • Kebakaran di Ponpes Daarul Quran Rohul, 7 Bangunan Ludes

Kebakaran di Ponpes Daarul Quran Rohul, 7 Bangunan Ludes

Rabu, 13 September 2017 | 12:59
Tujuh unit bangunan semi permanen di Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Quran Darussalam di Desa Bukit Intan Makmur (BIM), Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, ludes dilalap api, Rabu (13/9) sekira pukul 05.30 WIB.
ROHUL, RIAUGREEN.COM - Tujuh unit bangunan semi permanen di Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Quran Darussalam di Desa Bukit Intan Makmur (BIM), Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, ludes dilalap api, Rabu (13/9) sekira pukul 05.30 WIB.

Dugaan sementara, api berasal dari arus pendek listrik yang menyebabkan konsleting dan menimbulkan percikan api dari salah satu bangunan gedung hingga menjalar ke bangunan lainnya.

Kepala Ponpes Daarul Quran Darussalam, Ahmad Siregar SPdI mengungkapkan, kejadian kebakaran terjadi saat seluruh santri dan majelis guru tengah melaksanakan sholat Subuh berjamaah di masjid yang tidak berada jauh dari lokasi kebakaran.

"Kami sempat menyiram api dengan alat seadanya. Alhamdulillah selang tidak berapa lama, 2 unit Damkar PT EDI tiba di lokasi membantu proses pemadaman api," kata Ahmad menjawab wartawan, Rabu (13/9).

Ahmad mengaku, akibat musibah ini tujuh unit bangunan hangus terbakar. Dua unit merupakan Ruang Kelas Belajar (RKB) santri, dua unit rumah guru, dua unit asrama santri dan satu unit merupakan ruang kantor majelis guru.

Kemudian, sambung Ahmad pihaknya juga tidak sempat menyelamatkan barang elektronik, dokumen berharga dan pakaian seragam santri yang berada di dalam ruangan kantor yang sudah dikelilingi kobaran api.

"Kobaran api sangat besar, kami tidak sempat menyelamatkan laptop, komputer, dokumen penting. Bahkan baju seragam santri yang baru tiba tadi malam juga ludes dilalap api," jelas Ahmad. 

Lebih jauh, Ahmad berharap bantuan dari Pemkab Rohul dan Provinsi Riau untuk membangun kembali gedung yang terbakar. Untuk sementara waktu proses belajar-mengajar di Ponpes Daarul Quran dihentikan sementara."Sementara waktu, santri kita kembalikan ke wali murid. Sebelum ada bantuan dari dermawan membangun gedung yang terbakar," kata Ahmad lagi. (mcr)


BERITA LAINNYA
Pemkab Rohul Berlakukan Siup Seumur Hidup
Jumat, 17 November 2017 | 12:49
BERIKAN KOMENTAR
Top