• Home
  • Rohul
  • Dinas PUPR Rohul Tangani Kegiatan Swakelola Sepanjang 152 KM Selama 2017

Dinas PUPR Rohul Tangani Kegiatan Swakelola Sepanjang 152 KM Selama 2017

Kamis, 07 September 2017 | 13:00
foto Ilustrasi
ROHUL, RIAUGREEN.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rokan Hulu sedang melaksanakan kegiatan pemeliharaan ruas jalan kabupaten, kecamatan dan desa/Kelurahan di Kabupaten Rohul sepanjang 152 Kilometer (Km).

Kegiatan pemeliharaan rutin ruas jalan itu, pelaksanaannya dilakukan dengan sistim swakelola, dengan dananya telah dialokasikan di dalam APBD Murni 2017 sekitar Rp5,8 miliar.

Perhatian terhadap peningkatan pembangunan infrastruktur jalan tersebut, sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan dibidang pembangunan jalan dari desa menuju kota, untuk peningkatan akseblitas produksi prekonomian masyarakat di Rohul.

Plt Kepala Dinas PUPR Rohul Anton ST MM melalui Kabid Prasarana Jalan dan Jembatan Romi Kartika ST, saat di konfirmasi di ruang kerjanya Rabu (06/09/2017) mengatakan,program pemeliharaan rutin infrastruktur jalan yang dilaksanakan dengan sistim swakelola, memprioritaskan terhadap kerusakan ruas jalan di pedesaan yang sifatnya dapat mengganggu kelancaran pendistribusian hasil pertanian dan perkebunan maupun penunjang prekonomian masyarakat.
   
Menurutnya, pelaksanaan kegiatan pemeliharaan ruas jalan sepanjang 152 Km dengan sistim swakelola itu, tersebar di seluruh desa dan kelurahan di 16 kecamatan se Kabupaten Rohul. Dengan memperbaiki kerusakan jalan poros desa dan kecamatan melalui pengerasan.


Dia menghimbau kepada pemerintah desa, bila ada kerusakan ruas jalan di pedesaan yang menjadi akses utama produksi prekonomian masyarakat desa, itu akan diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan oleh Dinas PUPR Rohul.
   
Romi mengaku, dari panjang 152 Km ruas jalan yang dilakukan pemeliharaan dan perbaikan oleh Dinas PUPR Rohul, saat ini sekitar 90 persen dari panjang jalan tersebut telah dilaksanakan penanganan di lapangan.   

Namun jalan yang telah diperbaiki, jika ada yang rusak maka diperbaiki kembali. Diakuinya, kegiatan pemeliharaan ruas jalan yang dilaksanakan di desa itu, berdasarkan usulan proposal yang disampaikan kepala desa ke Dinas PUPR untuk perbaikan jalan di desanya.

Diakuinya, masih ada ruas jalan Rokan Kampung Tinggi Desa Rokan Koto Ruang serta Banjar Datar-Sei Kijang dalam dua tahun terakhir tidak pernah ditangani. Dimana sepanjang 9 Km kondisi badan jalan khususnya Rokan Kampung Tinggi mengalami rusak.  

Kendalanya, sulitnya alat berat untuk menuju ke lokasi, karena kondisi medan yang tidak mungkin. Dimana alat berat harus menyeberangi Sungai Rokan dengan panjang 110 meter itu. Tentu kondisi ini akan dicarikan solusi menunggu air sungai Rokan surut dan akan diupayakan tambhan anggarannya di APBD perubahan 2017 bila kemampun keuangan daerah memungkinkan.

Dia meminta kepada masyarakat desa dan Kelurahan, untuk dapat bersama-sama menjaga dan merawat infrastruktur jalan yang telah diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten Rohul. (Don)

BERITA LAINNYA
Pemkab Rohul Berlakukan Siup Seumur Hidup
Jumat, 17 November 2017 | 12:49
BERIKAN KOMENTAR
Top