• Home
  • Rohul
  • Bupati Rohul Harapkan Pemprov Bangun Jalan dan Jembatan

Bupati Rohul Harapkan Pemprov Bangun Jalan dan Jembatan

Rabu, 14 Juni 2017 | 15:29
ROHUL, RIAUGREEN.COM - Gubernur Riau (Gubri) Ir. H. Arsyadjuliandi Rachman MBA bersama rombongan dari Pemerintah Provinsi Riau menghadiri Safari Ramadan, sekaligus Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Agung Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Pasirpangaraian, Selasa (13/6/2017) malam.

Kunjungan Gubri ke Masjid Agung Islamic Center‎ disambut hangat oleh Bupati Rohul H. Suparman S.Sos, M.Si dan wakilnya H. Sukiman, Sekda Rohul Ir. Damri, pejabat di lingkungan Pemkab Rohul, Forkompinda, serta ribuan masyarakat di Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau.

Momen silaturahmi ini dimanfaatkan Bupati Rohul Suparman untuk menyampaikan aspirasi masyarakat ke Gubri, seperti peningkatan infrastruktur jalan‎ dan jembatan yang menjadi kewenangan Pemprov Riau, serta peningkatan sektor pariwisata.

Menurut Suparman, Kabupaten Rohul merupakan daerah strategis karena berbatasan langsung dengan dua provinsi dan beberapa kabupaten, seperti berbatasan dengan Sumatera Utara (Sumut),‎ Sumatera Barat (Sumbar), Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Padang Lawas-Sumut, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), dan Kabupaten Pasaman-Sumbar.

Sebagai daerah yang berbatasan dengan beberapa daerah, tidak sedikit jalan status Provinsi Riau di Kabupaten Rohul yang perlu dilakukan peningkatan oleh Pemprov Riau, seperti jalan provinsi di Mahato Kecamatan Tambusai dan jalan‎ provinsi di Desa Tambusai Barat Kecamatan Tambusai yang berbatasan langsung dengan Sumut.

Bukan hanya masalah jalan saja. Pembangunan dan peningkatan jembatan yang jadi kewenangan Pemprov Riau juga masih perlu dilakukan di Kabupaten Rohul.

Menurut Suparman, di Kabupaten Rohul ada tiga sungai besar yang jadi kebanggaan masyarakat di Negeri Seribu Suluk, yakni Sungai Rokan Kiri atau Sungai Rokan, Sungai Rokan Kanan atau Sungai Batang Lubuh, dan Sungai Batang Sosah.

Namun, adanya tiga sungai besar ini masih perlu perhatian lebih dari pemerintah dan menjadi kewenangan provinsi. Pasalnya, sampai saat ini, masih ada sungai yang belum punya jembatan dan belum ada solusi.

"Sungai yang begitu besar, tentu kami butuh jembatan yang lebih besar. Tentu biayanya ‎besar dan tidak sanggup ditanggung oleh APBD Rohul. Kami butuh jembatan, kami butuh jalan," sampai Suparman dan berharap Gubri mencarikan solusinya.

Meski masyarakat masih bisa melakukan aktivitas penyebrangan menggunakan rakit atau pelayangan, namun hal itu dirasa masih belum cukup. Seperti di Kampung Panjang Kecamatan Kepenuhan, petani kelapa sawit yang akan menjual hasil panennya harus membayar biaya transportasi untuk penyebrangan yang cukup besar.

‎Selain itu,‎ sampai Bupati Suparman lagi, sebagai daerah wisata religi di Provinsi Riau, Kabupaten Rohul masih memerlukan perhatian lebih dari Pemprov Riau, terutama untuk pembangunan dan peningkatan objek wisata yang ada.

Bupati mengungkapkan kunjungan wisata religi di Masjid Agung Islamic Center tembus 1 juta per tahun. Namun sayangnya, para pengunjung‎ hanya satu hari saja berada di Rohul, dan kemudian langsung pulang.

Menurut Suparman, dengan adanya banyaknya objek wisata‎ di Kabupaten Rohul, tentunya akan banyak lagi pengunjung datang, dan mereka akan betah berada di Negeri Seribu Suluk, menikmati keindahan alamnya.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Riau ini‎ mengharapkan Gubri juga melakukan peningkatan objek wisata yang ada di Rohul, sehingga Rohul semakin menarik untuk dikunjungi, apalagi kunjungan wisata di daerahnya terus meningkat, terutama di hari-hari libur nasional, seperti kawasan wisata religi yang merupakan peninggalan Tokoh Suluk Abdul Wahab Rokan di Desa Rantau Binuang Sakti, Kecamatan Kepenuhan.

Suparman mengakui bila kawasan Rantau Binuang Sakti dibangun ditingkatkan, termasuk dilakukan peningkatan jalan, tentu jemaah suluk tidak perlu lagi bersuluk ke Basilam, Sumut. Sebab, daerah ini merupakan situs peninggalan tokoh suluk.

Masjid Agung Islamic Center, diakui Bupati Rohul juga masih perlu diperhatikan, termasuk lampu gantung yang beratnya 2 ton membutuhkan dana perawatan yang besar. Ia berharap Bank Riau Kepri juga bisa membantunya.

Selain itu, Bupati Suparman juga berharap Kabupaten Rohul‎ bisa menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda). Namun, untuk keinginan tersebut perlu dibangun stadion, sementara APBD Rohul tidak mencukupi untuk membangun fasilitas olahraga.

Mantan Ketua KNPI Provinsi Riau ini mengakui Pemkab Rohul sudah menyiapkan lahan sekira 4 hektar yang masih dirahasiakan lokasinya untuk kawasan sport center.

Bupati Suparman mengharapkan Pemprov Riau membantu dalam pembangunan kawasan sport‎ center di Kabupaten Rohul, sehingga Rohul bisa menjadi tuan rumah even olahraga tingkat provinsi, seperti halnya Porda.

‎Menanggapi aspirasi masyarakat yang disampaikan Bupati Suparman, Gubri Arsyadjuliandi Rachman mengatakan Pemprov Riau tetap memberikan perhatian ke seluruh kabupaten/ kota, termasuk Kabupaten Rohul.

Andi Rachman, demikian sapaan akrab Gubri, mengakui perhatian Pemprov Riau untuk Kabupaten Rohul juga besar setiap tahun melalui Bantuan Keuangan (Bankeu) dan bantuan lain, seperti pada 2015‎ sebesar Rp245 miliar, tahun 2016 naik menjadi Rp315 miliar, tahun 2017 naik lagi menjadi Rp460 miliar, dan tahun 2018 diproyeksi akan naik lagi hingga Rp600 miliar.

"Insya Allah stadion (di Rohul) juga akan dibangun tahun 2018 mendatang," sampai Gubri.

Bukan itu saja, Andi Rachman mengakui mulai tahun 2019 juga akan dilakukan pembangunan waduk raksasa di Lompatan Harimau Kecamatan Rokan IV Koto, Rohul. Waduk ini bukan hanya untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA, namun juga akan menjadi irigasi sawah, dan kawasan wisata.

"Jadi 2019 akan dimulai, ini (PLTA Lompatan Harimau) proyek strategis nasional,"‎ ungkap Gubri.

Pemprov Riau, jelas Andi Rachman, juga tetap peduli dengan infrastruktur jalan dan jembatan di daerah, termasuk bidang pendidikan.‎‎ "Untuk bangun jalan kita sinergikan dengan seluruh instansi terkait," ujarnya.

Gubri juga mengakui bahwa lonjakan kunjungan wisata‎ ke Provinsi Riau juga termasuk kunjungan wisata di Kabupaten Rohul yang cukup besar berkat adanya Masjid Agung Islamic Center.

"Memang Rokan Hulu diuntungkan adanya Islamic Center ini, makanya kita dorong terus," terangnya.

Andi Rachman berjanji akan memasukkan Masjid Agung Islamic Center sebagai objek wisata religi ke Lomba Pesona Indonesia‎, namun sejauh ini belum ada untuk kategori lomba untuk destinasi wisata religi.‎

Orang nomor satu di Provinsi Riau ini juga berjanji akan merehabilitasi situs-situs yang ada di Kabupaten Rohul yang saat ini dijuluki sebagai Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau. (adv/hms/don)

BERITA LAINNYA
Kades Ujungbatu Timur Tata Lokasi Kantor Dengan Baik
Senin, 18 September 2017 | 12:18
Iyet Bustami Goyang Karyawan PT EDI di Rohul
Senin, 11 September 2017 | 20:37
Suparman: Hati-hati Gunakan Dana Pemerintah
Kamis, 07 September 2017 | 12:27
BERIKAN KOMENTAR
Top