• Home
  • Rohul
  • Sejumlah Desa di Rohul Riau Krisis Air Bersih

Sejumlah Desa di Rohul Riau Krisis Air Bersih

Selasa, 08 Agustus 2017 | 19:04
Sejumlah anak sungai yang biasanya menjadi sumber air bersih warga kondisinya sudah mulai mengering
ROHUL, RIAUGREEN.COM - Akibat musim kemarau yang berkepanjangan Sejumlah desa di Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, mengalami kekeringan air bersih. 

Desa yang sudah mengalami kekeringan yaitu Desa Karya mulya, Desa marga mulya, Desa pasir makmur, Desa masda makmur, Desa rambah utama ,Desa Langkitin, dan Desa rambah Samo barat.

Salah seorang warga Desa langkitin, Junaidi, saat dikonfirmasi Selasa (08/08/2017) mengatakan, saat ini sumur yang menjadi sumber air bersih bagi masyarakat di Rambah samo, sudah mulai kering. 

Bahkan sejumlah anak sungai yang biasanya menjadi sumber air bersih warga kondisinya sudah mulai mengering. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga kini mengandalkan sumber air dari Embung, yang berada tak jauh dari desa setempat.

"Bagi desa yang tidak memiliki Embung, Warga terpaksa harus melansir Air dari beberapa sungai besar di Kecamatan Rambah samo seperti sungai duo indah dan sungai Surau gading, bagi warga yang mampu mereka beli air PDAM dengan harga 200 - 250 ribu per tangki," tuturnya.

Sementara itu, Camat Rambah Samo Zulbahri mengaku dirinya Sudah mendengar adanya kabar desa yang sudah mengalami kekeringan. Namun Zulbahri mengaku, belum mendapatkan laporan tertulis dari desa tentang adanya peristiwa kekeringan ini.

"Saya memang pernah dengar adanya peristiwa ini, tapi Sampai sekrang belum ada laporan tertulis dari desa tentang adanya kekeringan ini," kata Zulbahri.

Disinggung apa upaya pemerintah kecamatan rambah Samo dalam mengatasi krisis air bersih ini, Zulbahri mengaku masih menunggu surat tertulis dari masyarakat membutuhkan air bersih sehingga dapat dijadikan dasar untuk meminta kepada pemkab Rohul untuk mensuplai air ke masyarakat. (Don)


BERITA LAINNYA
Terjun ke Sungai Rokan, Dimas Tak Kunjung Muncul
Selasa, 12 Desember 2017 | 15:18
Udah Gaek, Pakde Masih Terlibat 'Serbuk Haram'
Jumat, 08 Desember 2017 | 11:34
BERIKAN KOMENTAR
Top