• Home
  • Rohul
  • Hindari Serangan Virus Wannacry Kantor LPSE Rohul Sempat Tutup

Hindari Serangan Virus Wannacry Kantor LPSE Rohul Sempat Tutup

Selasa, 16 Mei 2017 | 09:54
ROHUL, RIAUGREEN.COM - Kawatir terinfeksi virus komputer global ransomeware wannacrypt atau disebut juga wannacry, Lembaga Pelayanan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Rokan Hulu, yang berada di Kantor Bupati Rohul Pasirpengaraian, Senin  (15/05/2017) Pagi sempat hentikan sementara pelayanan mereka.
 
Namun penghentian layanan di Kantor LPSE itu, tidak berlangsung lama, karena pada senin siang, kantor LPSE sudah kembali beroperasi.

Kepala Bagian Layanan pengadaan (BLP) Syamsul Kamar, Senin (15/5) menjelaskan,  penutupan ruangan LPSE ini, bertujuan untuk menghindari  terjadinya penyebaran virus di Windows Komputer LPSE, yang mungkin disebabkan melalui Kontak perangkat Komputer Eksternal seperti Flasdisk ataupun Perangkat lainya.
 
"Kantor kita tutup pagi tadi, tujuanya untuk menjaga agar Windows Computer LPSE tidak terinfeksi Virus Wannacry, tetapi layanan Online masih bisa diakses di situs resmi kami," ujar Samsyul Kamar.
 
Menurut Syamsul Kamar, layanan online LPSE saat masih bisa diakses di situs resmi LPSE Rohul dan  aman  dari serangan virus wannacry, karena  sistem operasi yang dipakai LPSE menggunakan sistem operasi linux. Sementara, berdasarkan beberapa kasus yang terjadi, serangan virus itu hanya menyerang system operasi windows. 
 
Meski Demikian, Syamsul Kamar menyatakan bahwa pihak tetap melakukan langkah-langkah antisipasi. Diakuinya, saat ini LPSE Sudah melakukan Back UP data dengan menggunakan perangkat penyimpanan Eksternal khusunya pada data-data lama yang seifatnya penting.
 
"Sehingga jika nantinya terserang oleh virus Wannacry maka data tersebut bisa dipergunakan secara ofline," pungkasnya. (don)

BERITA LAINNYA
Kades Ujungbatu Timur Tata Lokasi Kantor Dengan Baik
Senin, 18 September 2017 | 12:18
Iyet Bustami Goyang Karyawan PT EDI di Rohul
Senin, 11 September 2017 | 20:37
BERIKAN KOMENTAR
Top