• Home
  • Rohul
  • Plt Bupati Tanam Perdana Kebun Sayuran Percontohan KTNA

Plt Bupati Tanam Perdana Kebun Sayuran Percontohan KTNA

Kamis, 01 Desember 2016 | 21:18
Plt Bupati Rokan Hulu (Rohul) Riau, H.Sukiman, Rabu (30/11/2016) Sore, melakukan penanaman perdana kebun Sayuran Percontohan di Desa Rambah Utama, Kecamatan Rambah Samo.
ROHUL, RIAUGREEN.COM - Plt Bupati Rokan Hulu (Rohul) Riau, H.Sukiman, Rabu (30/11/2016) Sore, melakukan penanaman perdana kebun Sayuran Percontohan di Desa Rambah Utama, Kecamatan Rambah Samo. Kebun Sayuran Percontohan ini merupakan inisiatif Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Rokan Hulu untuk mendorong masyarakat mengembangkan tanaman holtikultura. 

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Direktorat Jendral perternakan dan keseshatan hewan, kementrian pertanian RI, DR.Ir.Riwantoro, Kepala Dinas Pertanian dan perternakan Provinsi Riau Drh Askardia R Patrianov MP, Ketua KTNA Rohul Ardiman Daulay, dan  Anggota DPRD Rohul Hj Sumiartini. 

Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati Rokan Hulu, H.Sukiman memberikan Apresiasi terhadap program yang dilakukan KTNA Rohul. Plt Bupati, bahkan menyempatkan diri melakukan penanaman perdana, tanaman cabe dan bawang.  

"Saya apresiasi kegiatan ini, mudahan-mudahan adanya kebun percontohan ini dapat dicontoh oleh masyarakat, sehingga bisa diaplikasikan di lahan pekarangan sekitar tempat tinggal. Jika itu dilakukan tentunya dapat mengurangi biaya dapur. Bahkan jika serius kegiatan seperti  ini tentunya bisa  menambah pendapatan masyarakat," tuturnya. 

Apresiasi Serupa juga disampaikan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikulura (DTPHK) Kabupaten Rokan Hulu, Mubrizal SP.MM.  Untuk mendukung program Kebun Sayuran Percontohan KTNA ini, Mubrizal menyebutkan, siap mensuport dari sisi penerapan tekhnologi pertanian. 

"Kita apresiasi ide dari KTNA ini, untuk itu, dalam rangka mendukung program ini  kita Suport alat mesin seperti handtractor dan pompa air di Kebun percontohan ini, yang tadi diserahkan langsung plt bupati," tuturnya.

Mubrizal berharap, adanya kebun percontohan ini  bisa menjadi sarana belajar bagi anggota  KTNA. Selain itu keberadaan kebun percontohan ini juga bisa diaplikasikan oleh masyarakat setempat. 

Ditempat yang sama, Ketua KTNA Rohul Ardiman Daulay menyebutkan ide Pembuatan Kebun sayuran percontohan ini merupakan ide dari Plt Bupati Rohul Sukiman. Ide tersebut disampaikan Plt mencontoh hasil Pekan daerah (Peda) KTNA beberapa waktu lalu di indra giri hulu. 

Lebih lanjut dijelaskanya, kebun percontohan sayuran ini memiliki luas 1 Hektare. Nantinya di lahan tersebut akan ditanami  beraneka jenis sayuran seperti Bayam, Labu madu, ketimun, Cabe, bawang, dan jenis sayuran lainya. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada pemkab rohul serta pihak-pihak yang sudah membantu berjalanya program tersebut. 

"Saya mengucapkan terimakasih Kepada PT. Panah Merah yang membantu sepenuhnya bibit sayuran dan Dinas TPHK Rohul yang mensuport alsintanya, semoga

Kedepan Ardiman daulay mengharapkan program ini dapat menjadi program yang bersifat masiv serta dilakukan masyarakat di pekarangan rumah yang saat ini masih minim dilakukan masyarakat, baik itu penanaman pekarangan dengan tanaman holtikutura ataupun apotik hidup. 

"Kita harapkan program ini mendorong masyarakat memanfaatkan pekarangan mereka untuk menanam tanaman holtikultura ataupun apotik hidup. dengan dilakukan secara masiv, tanaman ini bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari" pungkasnya. (don)

BERITA LAINNYA
Bupati Sukiman Rakornas Bersama Lintas Kementerian
Selasa, 06 September 2022 | 09:30
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top