• Home
  • Rohil
  • Bupati Suyatno Lepas Pawai Lampion Malam Puncak Perayaan Cap Go Meh 2571/2020

Bupati Suyatno Lepas Pawai Lampion Malam Puncak Perayaan Cap Go Meh 2571/2020

Minggu, 09 Februari 2020 | 16:26
ROHIL, RIAUGREEN.COM - Pawai Perayaan Malam Puncak Cap Go Meh 2571/Tahun 2020,Sabtu (8/2/2020) malam,di pusatkan di depan Kelenteng Ing Hock King Bagansiapiapi,di lepas oleh Bupati Kabupaten Rokan Hilir H.Suyatno,Amp.

Selain dihadiri Bupati Suyatno,Acara tersebut juga di hadiri oleh Penjabat Sekdakab H.M.Job Kurniawan,Kapolres AKBP Muhammad Mustofa,SIk,MH, Dandim 0321/Rohil Letkol (Arh) Agung Rakhman Wahyudi,Kepala Kejaksaan Negeri Rohil Gaos Wicaksono,Kepala OPD Pemkab Rohil,Sesepuh beserta Ketua Multi marga Tionghua serta ribuan masyarakat Rohil Tumpah ruah untuk menyaksikan Acara Tersebut.

Perayaan malam Cap Go Meh 2571/2020 dimeriahkan dengan berbagai Atraksi karnaval miniatur Lampion tikus logam,dan pawai tersebut diikuti sekitar 23 peserta dari 20 kelenteng di Kecamatan Bangko,Drum Band,Paguyuban,Ormas,OKP hingga ribuan warga terlihat penuh semangat menyaksikan atraksi ini yang berkeliling di Kota Bagansiapiapi mulai dari Jalan Kelenteng,Jalan Aman,Jalan Sumatera,Jalan Pahlawan,Jalan Merdeka,Jalan Perniagaan,Jalan Perdagangan,Jalan Sentosa dan finish di depan Kelenteng Ing Hock King.

Ketua Yayasan Multi Marga Bagansiapiapi,yang sekaligus sebagai Ketua Panitia malam Cap Go Meh 2571,Rendi Gunawan menyampaikan bahwa,Kegiatan yang dilaksanakannya adalah,merupakan agenda tahunan yang di lakukan warga Tionghua untuk merayakan sekaligus memeriahkan perayaan malam puncak Gap Go Meh yang di pusatkan di Bagansiapiapi,dan perayaan malam puncak Cap Go Meh ini, di ikuti 23 peserta yang menampilkan berbagai atraksi karnaval dan pesta lampu lampions menarik dari 20 klenteng yang ada di Kecamatan Bangko yang menjadi aset wisata Rokan Hilir setiap tahunnya di samping acara Bakar Tongkang yang sudah mendunia.

''Malam Puncak Cap Go Meh 2571/2020 ini,Kita isi dengan berbagai atraksi yang menarik,seperti Karnaval dan pesta lampu Lampions yang pesertanya di ikuti oleh seluruh kelenteng di Kecamatan Bangko marga atau Suku Tionghoa,ada sekitar 23 kelenteng dan suku serta undangan lintas suku yang ada di Bagansiapiapi Rohil ini ikut ambil bagian pada acara tahuanan ini,''Katanya.

Randy menambahkan bahwa pada malam perayaan Gap Go Meh 2571/ 2020 ini,Pihaknya juga memberikan cinderamata dan penghargaan kepada Bupati Rohil beserta Kepala Forkompinda serta seluruh peserta yang ikut memeriahkan dan ambil bagian dalam mengisi acara tersebut.

"Kami selaku panitia pelaksana malam puncak Cap Go Meh 2571/ Tahun 2020,mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Suyatno,karena telah memberikan perhatian sehingga terlaksananya acara pada malam hari ini dengan aman,lancar dan terkendali,"Ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut,Bupati Rohil H Suyatno,AMp dalam sambutannnya menyampaikan bahwa,Perayaan malam puncak Cap Go Meh 2571 yang di lakukan warga Tionghua Bagansiapiapi ini,sudah menjadi agenda kegiatan tahunnan dan menjadi salah satu agenda wisata nusantara di Rohil di samping acara Bakar Tongkang yang sudah di kenal di seluruh dunia.

"Keanekaragaman dan kebudayaan  multi marga suku etnis ini harus terus di pelihara dan di lestarikan keberadaannya,apalagi Kabupaten Rohil ini sudah dikenal di seluruh Indonesia, bahkan dunia melalui acara Ritual Bakar Tongkang,"Pinta Suyatno. (Hermansyah/RT)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top