• Home
  • Rohil
  • Bupati Suyatno Pimpin Rapat Persiapan Keberangkatan Jemaah Calon Haji Rohil 2019

Bupati Suyatno Pimpin Rapat Persiapan Keberangkatan Jemaah Calon Haji Rohil 2019

Selasa, 25 Juni 2019 | 09:49
ROHIL, RIAUGREEN.COM -  Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Senin (24/6/2019) Pagi, Menggelar Rapat persiapan keberangkatan Calon Jamaah Haji Rohil, Rapat digelar di Mess Pemda Jalan Perwira, Bagansiapiapi.

Rapat tersebut dipimpin langsung Bupati  Suyatno dan dihadiri Sekretaris Daerah Rohil Drs.H.Surya Arfan MSi, kementerian Agama Rohil H.Agustiar,SAg, Ketua MUI Rohil H.Ucok IndraLDI, Ketua DMI Rohil H.Wazir wan Yunus, para Kepala Dinas, Kepala Badan, dan Tokoh Agama Islam.

"Insyaallah kalau tidak apa-apa tanggal 12 Juli ini kita melepaskan keberangkatan Jemaah Calon Haji kita menuju kota Pekanbaru," Ucap Bupati Suyatno usai Rapat.

Bupati Suyatno menjelaskan,bahwa tahun ini tahun pertama yang  merupakan embarkasi Antara dipusatkan di kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Adapun persiapan yang sudah kita lakukan hari ini, alhamdulillah semuanya berjalan lancar sesuai dengan apa yang kita harapkan.

"Semua Camat, Kepala Kua dan maupun Panitia yang lainya harus saling koordinasi, jadi hari ini rapat persiapan keberangkatan Jemaah Calon Haji tidak ada masaalah lagi tinggal menunggu hari," Sebut Bupati.

Bupati menambahkan, bahwa pada Tanggal 29 juni akan dilakukan manasik Haji, namun penyelenggaraannya akan dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama jadi semua Jamaah Calon Haji kita berkumpul di Bagansiapiapi pada tanggal 29 juni, untuk diberikan ilmu sebagai pembekalan persiapan untuk berangkat Haji,Timpal Bupati.

Sebelumnya Kepala Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hilir H.Agustiar SAg, menjelaskan tentang adanya kebijakan untuk penambahan kuota Haji dari pemerintah pusat, maka, Jamaah Calon Haji (JCH) asal Rokan Hilir (Rohil) akan diberangkatkan dalam dua Kelompok Terbang (Kloter) yang terpisah.

"Ada dua kloter nantinya, pertama tergabung pada Kloter 8 berangkat pada 12 Juli sebanyak 231 orang. Selanjutnya tergabung di Kloter 20 berangkat 25 Juli dengan jumlah JCH sebanyak 31 orang didalamnya adalah jamaah kategori lansia ditambah dengan cadangan dari penambahan JCH 10 Ribu kemarin," kata Kepala Kemenag Rohil H Agustiar SAg.

Dengan demikian jumlah total JCH Rohil sebanyak 268 orang terjadi peningkatan sekitar 10 persen dibandingkan tahun lalu. Untuk persiapan yang sudah dilakukan baik dokumen sudah disiapkan, untuk  231 JCH itu sudah rampung paspor dan visa. Sementara yang sebanyak 31 JCH untuk dokumennya sudah diantarkan ke Jakarta, menunggu dokumen paspor dan visa keluar.

Sementara persiapan lain sudah dilakukan seperti manasik haji di tingkat kecamatan sebanyak 8 kali pertemuan. Insya Allah terang Agustiar pada 29 Juni nanti dilaksanakan manasik terkahir tingkat kabupaten di Gedung Pertemuan H Misran Rais sekaligus pemberikan perlengkapan haji. (HERMANSYAH)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top