• Home
  • Rohil
  • Tim Penilaian Lomba Kebersihan Provinsi Riau Pantau Titik Lokasi, Rohil Optimis Raih Hasil Terbaik

Tim Penilaian Lomba Kebersihan Provinsi Riau Pantau Titik Lokasi, Rohil Optimis Raih Hasil Terbaik

Selasa, 26 Maret 2019 | 21:14
hermansyah
Suwandi mendampingi tim penilai kebersihan dari Provinsi Riau
ROHIL, RIAUGREEN.COM - Tim lomba Kebersihan Kota Se-Provinsi Riau Tahun 2019 melakukan penilaian di beberapa Titik lokasi, pantauan tiaugreen.com, Selasa(25/3/2019), Tim penilaian berjumlah 2 orang,yang  didampingi langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir, Suwandi Ssos.

Adapun tempat lokasi yang dinilai oleh Tim Provinsi Riau, yaitu Taman Kota Bagansiapiapi, Pasar Datuk Rubiah, RSUD Dr.Pratomo, SMAN1 Bangko, SMPN1 Bangko, Jalan Perniagaan, Jalan Sentosa, Jembatan Sungai Pabrik, Puskesmas Bagan Punak, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Taman Budaya Batu Enam, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, TPA, Perumahan Dinas, dan Kantor Dinas Lingkungan Hidup Rohil.

Kasi Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup dan Perhutanan (DLHK) Provinsi Riau Ina Mulyani didampingi Asma Karbila, falam Penilaian kebersihan tahun 2019 tersebut mengatakan, bahwa ada beberapa titik lokasi yang di pantau dan dinilai, diantaranya Jalan, Pemukiman, Perkantoran, Sekolah, TPA, Hutan Kota, Taman Kota dan beberapa titik lokasi lainnya.

"Kalau melihat dari kreteria yang ada di Kami,untuk sebagai pedoman dalam penilaian kota bersih udah cukup baik, mungkin sudah banyak yang berubah terutama tadi saya melihat TPA, karena sebelumnya 2-3 Tahun yang lalu belum begitu terkelola dan terdata dengan baik, tapi setelah saya kesana, TPA Sudah sangat baik, dan disana juga sudah dilengkapi dengan sarana pengelolaan sampah," Kata Ina.

Dan Terkait dengan pembagian Zona Pengolahan sampah dan pembuangan Akhir Sampah, itu ada yang aktif dan tidak aktif, jadi kalau saya lihat sudah cukup baik,walaupun kondisi tanah yang rawa, tapi menurut saya itu sudah cukup baik dan sudah terkelola dengan baik.

Dalam satu dua minggu ini, kami dari Provinsi sedang berpencar, ada beberapa Tim untuk memberikan penilaian,nanti selanjutnya kita rekap dari hasil itu, dan Insyaallah, hasil penilaian dari 12 Kabupaten/Kota akan kita umumkan saat peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Provinsi Riau.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir Suwandi SSos, Mengatakan Optimis, kalau Rohil akan mendapatkan Hasil yang terbaik dalam penilaian tersebut, walaupun ada kekurangan-kekurangan yang tidak begitu penting, karena yang menjadi penilaian oleh Tim Provinsi adalah Kebersihan, Keindahan, Terapatan Pohon pelindung, peneduh dan sebagainya, termasuk juga kebersihan dilokasi-lokasi titik pantau, Kata Wandi.

Tapi yang paling terpenting bagi kami sebagaimana yang disampaikan oleh ibu Ina tadi, bahwa ini adalah bentuk pembinaan sebelum kita menghadapi Penilaian ADIPURA yang sesungguhnya, jadi tujuannya utama kita adalah ADIPURA, Kami sudah konsultasi dengan Tim Provinsi bahwasanya pada tahap awal penilaian ADIPURA adalah kebijakan strategis daerah dalam mengelola sampah.

"Alhamdulillah kita sudah punya, dan nanti akan kita coba Revisi kembali, karena dalam Kebijakan dan Strategi Daerah (Jakstrada), Kabupaten itu ditargetkan mengelola sampahnya sampai Tahun 2025, yang diharapkan sesuai aturan itu, harus berkurang 30 %, Dan untuk Tahun ini kami menargetkan pengurangan sampah sebesar 15%,kalau memang tidak tercapai tentu akan kami Revisi Kembali Targetnya," harapnya.

Kami juga tidak bosan-bosannya untuk menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Rokan Hilir untuk menjaga kebersihan, karena kebersihan adalah tugas kita bersama, bukan hanya dibebankan kepada petugas kebersihan yang kita angkat, ataupun yang sudah kita tunjuk, artinya masyarakat yang diminta untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan yang ada disekitarnya, tutup Wandi. (adv/her)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top