• Home
  • Rohil
  • Sekda Surya Arfan: Sekarang Jangan Sampai Ada Lagi MCK di Depan Rumah

Sekda Surya Arfan: Sekarang Jangan Sampai Ada Lagi MCK di Depan Rumah

Senin, 25 Maret 2019 | 22:10
ROHIL, RIAUGREEN.COM - Sekretaris Kabupaten Rokan Hilir Drs H Surya Arfan MSi, membuka secara resmi Pelatihan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL), Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Infrastruktur Bidang Sanitasi.

Acara yang digelar oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman(Perkim), Anggaran Tahun 2019, Acara digelar di hotel Mahera, Senin (25/3/2019), di jalan Utama, Bagansiapiapi.

Selain Sekretaris Daerah (Sekda) Rohil, Drs H Surya Arfan M.Si,juga tampak hadir Sekretaris Perkim Budi Mulya dan perwakilan Kementrian PUTR Qiemyar, serta Kasi Intelijen Kejari Rohil, Farkhan Junaedi, SH.

Dalam sambutannya Sekda berharap agar Sanitasi maupun MCK program pusat bisa dikembangkan oleh masyarakat, misalnya dibangun 100, masyarakat harus bisa membangun 1000, Hak ini mengingat keterbatasan anggaran sehingga tidak mungkin pemerintah membantu semua masyarakat.

"Harus menjadi contoh untuk masyarakat lainnya, kalau dulu MCK di depan rumah, sekarang jangan sampai ada lagi, karena selain merusak pemandangan, juga orang akan menilai tidak bersih lingkungan sekitarnya," urai Sekda.

Selain itu,Sekda juga berharap, jika tahun ini anggaran pusat dikucurkan di Rohil mencapai 7 Milyar agar tahun berikutnya bisa ditambah, karena Banyak pos anggaran di pusat sana.

"Tadi saya bincang bersama perwakilan PUTR yang datang,karena menurutnya, Rohil termasuk daerah administrasi terpencil jadi kita harus aktif jemput bola," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perkim Budi Mulya membenarkan bahwa adanya penurunan angka dana pusat yang dikucurkan ke Rohil tahun 2018, dan 2019, sehingga adanya pengurangan tenaga TFL yang bertugas.

"Kalau tahun 2019 TFL kita mencapai 18 orang, tahun ini turun 25 persen menjadi 12 orang," kata Budi.

Adapun TFL saat ini 12 orang,yang terdiri dari 6 orang tenaga teknis, dan 2 orang tenaga pemberdayaan, Sementara, untuk tahun 2019, DAK Sanitasi terdapat 7 Kepenghuluan, diantaranya 5 Kecamatan Bangko dan 2 di Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika).

Sementara untuk MCK sebanyak 7 unit untuk Pondok Pesantren di 5 Kecamatan,diantaranya Rimba Melintang, Kubu, Tanah Putih, Tanjung Medan, dan 2 Unit di Kecamatan Bagansinembah.

Pelatihan akan berlangsung selama dua hari,dan akan diberikan materi terkait tugas TFL, dan KSM yang ada di Kabupaten Rokan Hilir. (her)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top