DLH ROHIL Pasang Baleho HPSN 2019

Selasa, 19 Februari 2019 | 12:43
ROHIL, RIAUGREEN.COM -  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir (DLH-Rohil), Pasang baleho Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, Senin (17/2/2019) sore.

Kegiatan HPSN 2019 tersebut dengan Tema Kelola Sampah untuk hidup bersih, sehat dan Bernilai, "Dan Sub temanya,Sinergi,upaya kelola sampah oleh masyarakat, dunia usaha, Pemerintah dan pemerintah daerah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir Suwandi SSos kepada Riaugreen mengatakan, bahwa tujuan dari pemasangan baleho tersebut adalah untuk menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Rokan Hilir agar ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan mengolahnya dengan cara 3R ( Reuse, Reduce, dan Recycle).

Reuse (guna ulang) yaitu kegiatan penggunaan kembali sampah yang masih dapat digunakan baik untuk fungsi yang sama maupun fungsi lain, contohnya berupa botol bekas minuman dirubah fungsi jadi tempat minyak goreng, ban bekas, dimodifikasi jadi kursi, pot bunga.

Reduce (mengurangi) yaitu mengurangi jumlah sampah  yang kita produksi /yang kita hasilkan setiap hari,contohnya ketika belanja membawa kantong/keranjang dari rumah, mengurangi kemasan yang tidak perlu,menggunakan kemasan yang dapat didaur ulang, misalnya bungkus nasi menggunakan daun pisang atau daun jati.

Sedangkan Recycle (mendaur ulang) yaitu strategi mengolah kembali barang yang tidak terpakai atau sampah menjadi barang baru/produk baru, contohnya sampah kertas diolah menjadi kertas daur ulang, kertas seni, sampah plastik kresek diolah menjadi kantong kresek, dan lain sebagainya,jelas Suwandi.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir telah melakukan berbagai upaya dalam mengatasi sampah yang ada di rohil, salah satu cara yang dilakukan dengan memasang baleho statistik perlakuan masyarakat kita terhadap sampah, hal tersebut sebagaimana yang telah diatur melalui peraturan Presiden nomor 97 Tahun 2017 tentang kebijakan pengelolaan Sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga lainya. (her)

Loading...
BERITA LAINNYA
Bupati Suyatno Serahkan SK CPNS Tahun 2018
Selasa, 12 Maret 2019 | 15:45
BERIKAN KOMENTAR
Top