• Home
  • Rohil
  • Bawaslu Rohil Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu Tahun 2019

Bawaslu Rohil Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu Tahun 2019

Senin, 24 Desember 2018 | 13:03
ROHIL, RIAUGREEN.COM - Untuk mensukseskan pemilu Serentak Tanggal 17 April ,Tahun 2019 di Kabupaten Rokan Hilir yang akan datang, Badan Pengawas Pemilihan Umun (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hilir menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif  pemilu Tahun 2019, Kamis (23/12/2018), acara digelar di Grand Hotel Jalan Pelabuhan Baru, Bagansiapiapi, Rohil.

Acara sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Ketua Badan Pengawasan Pemilihan Umum(BAWASLU) Kabupaten Rokan Hilir Syahruri SHI, yang turut didampingi seluruh anggota Komisioner Bawaslu, Jaka Abdillah SAG, Bimantara Adi Sucipta SH, Zubaidah dan Farurrozi.

Selain itu, dalam Sosialisasi tersebut Badan pengawasan pemilihan umum (BAWASLU), kabupen Rokan Hilir, melibatkan banyak unsur masyarakat, diantaranya, tokoh agama, tokoh pemuda, para ormas dan organisasi Pers di Rokan Hilir diantaranya, Persatuan Wartawan Indonrsia (PWI), Persatuan Jurnalistik Indonesia (PJI), Lembaga  Adat Melayu (LAM) Rohil, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Rohil, LSM Tikor, LSM Komprehensif, LSM Bono Rokan, Lumbung Informasi Rakyat (LIRA), KNPI Rohil, Pemuda Pancasila (PP), Ikatan Pemuda Karya (IPK) Rohil, Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM) Rohil, Karang Taruna Rohil, PEKAT IB Rohil, GP ANSOR Rohil, Al Washliyah Rohil, Nahlatul Ulama, ICMI Rohil, Genpi Rohil, Kahmi Rohi.

Adapun tujuan dari Sosialisasi tersebut adalah untuk mendorong partisipasi masyarakat agar turut melakukan pengawasan pada penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) DPRD, DPRD Provinsi, DPR RI dan pemilihan Presiden dan wakil Presiden (Pilpres) tahun 2019 di Kabupaten Rokan Hilir.

Dalam acara itu, Anggota Komisioner Bawaslu Rohil secara bergantian menyampaikan materi dan memaparkan tentang pelaksanaan pemilu dan tata cara pengawasan pemilu kepada seluruh peserta yang hadir, serta mendorong masyarakat agar aktif melakukan pengawasan selama proses pemilu berlangsung.

"Kami Bawaslu sangat membutuhkan masukan dari masyarakat agar pelaksanaan Pemilu 2019 berlangsung lugas bebas dan rahasia," kata ketua Bawaslu Rohil, Syahruri.

Bima Adi Sucipta SH selaku koordinator divisi penindakan pelanggaran bawaslu Rokan Hilir,menyampaikan materi tentang dasar hukum dan undang-undang (UU) Republik Indonesia (RI) Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Peraturan Badan Pengawas Pemilu (Perbawaslu) Nomor 7 tahun 2018 tentang Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilu. Dan Peraturan Badan Pengawas Pemilu (Perbawaslu) Nomor 8 tahun 2018 tentang Penyelesaian Pelanggaran Administrasi Pemilu.

Komisioner Bawaslu lainnya, Zubaidah, juga mengatakan tidak lengkap rasanya jika tidak ada laporan dari masyarakat terkait pelanggaran yang dilakukan peserta Pemilu.

"Pemilu tanpa pengawasan akan menciptakan ruang kecurangan, seperti ruang politik uang dan lain-lain yang berkaitan dengan pelanggaran Pemilu," sebutnya.

Untuk itu, pihaknya mendorong seluruh organisasi masyarakat agar dapat ikut berpartisipasi dalam pengawasan pemilihan umum 2019.

Sementara itu,Jaka Abdillah tidak lupa juga mengajak seluruh masyarakat dan penggiat media khususnya pers agar menjadi agen informasi, agar peserta Pemilu tidak berbuat curang seperti politik uang jelas jaka. (her)

Loading...
BERITA LAINNYA
Korban Banjir Jadi Perhatian Serius Pemkab Rohil
Senin, 03 Desember 2018 | 11:15
BERIKAN KOMENTAR
Top