• Home
  • Rohil
  • Korban Banjir Jadi Perhatian Serius Pemkab Rohil

Korban Banjir Jadi Perhatian Serius Pemkab Rohil

Senin, 03 Desember 2018 | 11:15
hermansyah
Bupati Suyatno Salurkan Bantuan kepada Korban Banjir Pekaitan Rohil
ROHIL, RIAUGREEN.COM - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) terus berupaya memberikan perhatian yang lebih serius kepada Korban Banjir yang melanda Kabupaten Rohil di saat Musim Hujan, diketahui akibat hujan yang lebat mengguuyur wilayah ini beberapa waktu lalu, membuat beberapa desa di wilayah ini dilanda banjir.

Keseriusan menangani korban banjir di beberapa wilayah tersebut dibuktikan dengan kunjungan beberapa pejabat utama Rokan Hilir, diantaranya Bupati Rokan Hilir Suyatno, Wakil Bupati, Sekda dan OPD terkait untuk terus memantau kondisi masyarakat di lapangan.

kepada korban bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Pekaitan, Bupati Rokan Hilir (Rohil), Riau, Suyatno turun lansung memantau lokasi dan menyerahkan bantuan kepada Masyarakat.

"Ada sebanyak enam ton beras, 1000 kotak mie instan, 1000 papan telur ayam dan makanan siap saji kita berikan. Ini semua bantuan kita serahkan kepada pak Camat, beliau nanti yang mengatur empat Kepenghuluan ini yang mengalami musibah banjir. Soal beras tidak ada masalah, nanti kalau kurang kita tambah lagi. Tapi untuk sementara waktu ini dulu," kata Suyatno saat berkunjung di Kecamatan Pekaitan, Jumat (2/11/2018) bulan lalu.

Bupati saat berkunjung ke Pekaitan didampingi Dandim 0321/Rohil Letkol Inf Didik Efendi, Sekretaris Daerah Pemkab Rohil Surya Arfan, Kepala Dinas Sosial Junaidi Saleh, Kepala Dinas Kesehatan Rohil Dahniar, Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat Irawan dan sejumlah pejabat lainnya.

Pemkab Rohil sudah membuka posko pengungsian terhadap warga masyarakat yang terdampak bencana banjir di empat Kepenghuluan di Kecamatan Pekaitan.

Masing-masing Kepenghuluan itu yakni Kepenghuluan Rokan Baru sebanyak 1.793 jiwa, Rokan Baru Pesisir 564 jiwa, Karya Mulyo Sari 1.258 jiwa, dan Teluk Bano 437 jiwa.

"Saya tadi komunikasi dengan warga masyarakat dan menyampaikan kepada saya bahwa sejak tahun 80 Pekaitan tidak pernah banjir. Kalaupun banjir tidak sampai mengungsi. Nah, di 2018 ini terjadi pengungsian yang luar biasa, ya disepanjang jalan ada tenda-tenda tempat warga kita yang mengungsi," tuturnya.

Selain itu Pemkab Rohil juga membuka posko pelayanan dan melaksanakan penyuluhan kesehatan terhadap kerentanan penyakit yang diakibatkan kondisi banjir.

Bupati mengatakan, meskipun saat ini curah hujan sangat tinggi, namun ia menegaskan sudah mencari akar permasalahannya.

"Ada beberapa titik sungai yang mungkin tersumbat dan hari ini kita minta bantuan PT. Jatim untuk membongkar kembali sungai-sungai yang tersumbat tersebut. Itu salah satu upaya-upaya kita," demikian Suyatno.

Kecamatan Rantau kopar

Pemkab Rohil juga menyalurkan bantuan sembako kepada korban banjir yang ada di dua kepenghuluan, dan dua Kelurahan yang ada di Kecamatan Rantau kopar.

Sembako tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Rohil, Drs H Surya Arfan MSI didampingi Tim Penggerak PKK Hj Mardelena Surya Arfan, Minggu (18/11/2018).
 
Sekda Rohil Salurkan Bantuan Sembako kepada Korban Banjir di Kecamatan Rantau Kopar


Banjir yang terjadi akibat Hujan lebat dan luapan air sungai yang mengakibatkan sekitar 100 kepala keluarga dari 1780 penduduk di Kecamatan Rantau Kopar, dua kelurahan dan dua kepenghuluan, mengakibatkan 90% tergenang air di rumah warga, fasilitas umum, halaman rumah, pertanian dan perkebunan.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Drs H Surya Arfan MSI, mengatakan, bahwa banjir yang terjadi merupakan dampak dari curah hujan yang cukup tinggi dan luapan air sungai, sehingga membuat banyak daerah yang terjadi banjir di Kabupaten Rokan Hilir, diantaranya, kecamatan Rantau Kopar, ada Kelurahan dan dua kepenghuluan.

"Oleh karena itu sebagai bentuk prihatin terhadap musibah yang terjadi kepada warga kita, maka pada pagi ini kami dari pemerintah Kabupaten Rohil turun ke lokasi banjir untuk langsung menyerahkan bantuan berupa sembako untuk keperluan masyarakat kita, mudah-mudahan bantuan sembako yang diberikan dapat memberikan keringan beban masyarakat kita," kata Surya Arfan.

Ia juga berharap, kepada masyarakat terutama kepada orang tua, agar lebih memperhatikan anak-anak, untuk menghindari kejadian yang tidak kita inginkan, dan kepada perusahan yang beroperasi di wilayah Kecamatan Rantau Kopar yakni PT.CPI, sebagai mitra kerjanya untuk dapat bersama-sama mengulurkan bantuan apa pun demi kebutuhan oleh masyarakat, timpal Surya.

Kecamatan Pujud, Kepenghuluan Ulak kemahang dan Air Hitam

Kemudian Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menyerahkan bantuan Sembako untuk warga yang terendam banjir yang ada di Kecamatan Pujud, Kepenghuluan Ulak kemahang dan Air Hitam, Rohil.

Penyerahan Bantuan Korban Banjir dilakukan pada Hari Rabu Tanggal (28/11/2018), di pasar Senin Pinggiran Sungai Batang Kumu, Kecamatan Pujud, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Bupati Drs H Jamiluddin, didampingi Kepala BPBD dan Dinas Sosial, yang diterima Camat Pujud Hasyim, serta dihadiri penghulu Ulak Kemahang dan Air Hitam.
 
Wakil Bupati Rohil Berikan Bantuan kepada Korban Banjir Ulak Kemahang dan Air Hitam


Mengingat Jalan darat menuju Ke lokasi korban banjir putus, dan susah untuk dilalui, sehingga warga mengambil inisiatif dengan menggunakan Transportasi air, yang lebih kurang 3 jam perjalanan menuju Ke lokasi banjir.

Sementara itu bantuan yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Rokan Hilir kepada korban banjir, diantaranya mie instant sebanyak 200 kotak, telur ayam 200 papan, serta beras 7 Ton atau lebih kurang 425 Kilogram. (adv/her)


Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top