• Home
  • Rohil
  • Naik dari Tahun Sebelumnya, APBD Rohil Tahun 2019 Disahkan Rp1,9 Triliun

Naik dari Tahun Sebelumnya, APBD Rohil Tahun 2019 Disahkan Rp1,9 Triliun

Kamis, 29 November 2018 | 11:13
ROHIL, RIAUGREEN.COM - Rapat paripurna DPRD Rohil mengesahkan APBD Rokan Hilir tahun anggaran 2019 sebesar Rp1,9 triliun. Angka tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang hanya berkisar Rp1,7 Triliun.

Dalam rapat paripurna tersebut, Bupati Rokan Hilir, H. Suyatno, AMP menerangkan, proses pembahasan rancangan peraturan daerah tentang APBD Rohil tahun 2019 merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem formulasi terhadap kepentingan kebijakan publik.

Dimana didalam postur APBD 2019 tersebut, diharapkan dapat terformulasikan serta memenuhi berbagai kebutuhan dan kepentingan masyarakat secara optimal.

"Rencana pendapatan yang diperkirakan pada RAPBD Rohil tahun 2019 adalah sebesar Rp1,6 triliun dan setelah pembahasan dan disetujui bersama berubah menjadi Rp1,9 triliun. Selisih kenaikan disebabkan oleh memasukkan pendapatan yang berasal dari DAK yang dalam rancangan semula belum dialokasikan sebesar Rp272 miliar," kata Bupati Rohil Suyatno, Selasa (27/11/2018).

Menurutnya, belanja APBD Rohil tahun 2019 adalah sebesar Rp1,8 triliun dan terjadi selisih kenaikan dari rancangan semula yang dianggarkan Rp1,5 triliun.

"Pembiayaan untuk keseimbangan antara pendapatan yang akan diperoleh dan belanja daerah yang dialokasikan pada APBD terdapat surplus pada penerimaan sebesar Rp155 miliar," sebutnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Nasrudin Hasan menjelaskan, adanya kenaikan APBD sebesar Rp272 Miliar berasal dari dana DAK yang belum bisa disampaikan dalam paripurna KUAPPS sebelumnya karena belum dapat keputusan dari pusat.

"Bahkan kita tidak berani angkat full. Kalau full tadi kita masih ada kelebihan uang sebanyak Rp115 miliar. Dan itu merupakan uang triwulan keempat tahun 2019. Namun kita tidak berani memasukkan karena anggaran tahun 2017 yang lalu saja belum dikirim untuk triwulan keempatnya sampai sekarang," terangnya.

Ketua DPRD Nasrudin juga mengatakan, jika dihitung secara keseluruhan, APBD Rohil tahun 2019 bisa mencapai Rp2,1 triliun. Hal tersebut dikarenakan adanya penambahan DAK Rp272 miliar ditambah uang lebih Rp 115 miliar serta APBD Rohil triwulan keempat yang belum di bayar pusat sebesar Rp90 miliar.

"Nanti kalau kita buat Rp2,1 triliun kejadian lagi seperti tahun sebelumnya, kita sudah lelang tahu-tahu uang tidak sampai, jadi sekarang lebih baik kita ambil langkah pencegahan," pungkasnya.

Pengesahan APBD Rohil tahun 2019 dipimpin Ketua DPRD Rohil, Nasrudin Hasan, dan didampingi Wakil ketua DPRD Syarifuddin, Abdul Kosim, serta seluruh anggota dewan. Dari pemerintah dihadiri Bupati Rohil, H Suyatno, AMP didampingi Sekretaris Daerah Drs. H. Surya Arfan, M.Si serta para kepala dinas. (hum/her)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top