• Home
  • Rohil
  • Bupati Suyatno Salurkan Bantuan kepada Korban Banjir Pekaitan Rohil

Bupati Suyatno Salurkan Bantuan kepada Korban Banjir Pekaitan Rohil

Jumat, 02 November 2018 | 23:36
Hermansyah

ROHIL, RIAUGREEN.COM - Pemerintah Kabupaten Kabupaten Rokan Hilir memberikan bantuan kepada warga korban banjir yang ada di Kecamatan Pekaitan, Jumat (2/11/2018) pagi.


Bantuan tersebut langsung diberikan oleh Bupati Suyatno yang didampingi Sekretaris Daerah Drs H Surya Arfan MSI, beserta Forkonpimda yang ada lingkup Kabupaten Rokan Hilir.


Adapun bantuan yang diserahkan Bupati berserta Forkonpimda kepada warga  tersebut berupa 1000 kotak indomie, 1000 papan telur ayam, 6 Ton beras, 5 unit PAH air bersih 1000/Liter, sejumlah makanan siap saji dan kelambu.

Banjir yang terjadi jadi di Kecamatan Pekaitan dikarenakan intensitas curah hujan yang relatif tinggi, tinggi permukaan air laut (pasang keling) yang menghambat turunnya air dari daratan ke laut, tersumbatnya pada muara saluran pembuangan pada daerah kawasan pesisir sungai Rokan akibat endapan lumpur yang ditinggalkan air pasang, serta tingginya debit air Sungai Rokan yang terakumulasi oleh kondisi banjir dari beberapa daerah yang terdapat di sepanjang bantaran Sungai Rokan.


Mulai dari Rokan Hulu sampai kesinaboi Kabupaten Rokan Hilir, dan juga tersumbatnya saluran pembuangan (Drainase) dikeranakan kurangnya kesadaran masyarakat membuang sampah.

Untuk meminimalisir dari dampak banjir yang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Pemerintah Rohil melakukan berbagai upaya dengan membuka posko pengungsian terhadap warga masyarakat yang terdampak korban bencana banjir di 4 lokasi kepenghuluan yang ada di Kecamatan Pekaitan, 4 kepenghuluan tersebut yakni:


1. Kepenghuluan Rokan baru ada 1.793 jiwa

2. Kepenghuluan Rokan baru pesisir ada 564 jiwa.

3. Kepenghuluan Karya mulya sari ada 1.258 jiwa.

4. Teluk bono ada 437 jiwa yang mengungsi.

Selain memberikan bantuan kepada warga, pemerintah Kabupaten Rokan Hilir juga membuka posko pelayanan dan melaksanakan penyuluhan kesehatan terhadap kerentanan penyakit yang diakibatkan kondisi banjir. (adv/her)


Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top