• Home
  • Rohil
  • Surat Edaran Mendagri, Bupati Rohil Imbau Camat, Lurah dan Kepenghuluan untuk Sampaikan kepada Masyarakat

Surat Edaran Mendagri, Bupati Rohil Imbau Camat, Lurah dan Kepenghuluan untuk Sampaikan kepada Masyarakat

Jumat, 01 Juni 2018 | 15:19
ROHIL, RIAUGREEN.COM - Untuk Menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri, Tanggal 17 Mei 2018 lalu, Bupati Kabupaten Rokan Hilir melalui Camat Bangko H Julianda Ssos, Kamis (31/5/2018),  menghimbau kepada seluruh Kelurahan dan Kepenghuluan se-Kecamatan Bangko, untuk menyampaikan surat edaran Menteri Dalam Negeri tersebut kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah lingkungan kerja masing-masing.

Adapun isi Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dengan Nomor 300/3037/SJ, adalah tentang peningkatan kesiapsiagaan, dan keterlibatan Pemerintah Daerah Dalam Mengantisipasi Gangguan Ketertiban Umum dan Ketenteraman masyarakat atas aksi-aksi Terorisme yang terjadi saat ini, untuk itu dengan hormat diminta saudara-saudari untuk mengambil langkah-langkah antisipasi sebagai berikut:

1. Memerintahkan seluruh jajaran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat untuk meningkatkan Kesiapsiagaan dan Keterlibatan secara Aktif Menjaga Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Serta Perlindungan Masyarakat Di Daerah Masing-masing sesuai Standard Operating Procedure(SOP)yang berlaku.

2. Mengoptimalkan Peran Forum-Forum kemitraan Masyarakat seperti Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Organisasi Kemasyarakatan  (Ormas) lainnya dalam rangka deteksi dini, cegah dini dan penyelesaian Potensi gangguan ketertiban umum dan Ketenteraman serta Perlindungan Masyarakat.

3. Meningkatkan Patroli Keamanan di Objek Vital Kantor Pemerintahan dan Swasta, Rumah Ibadah, Rumah Kos dan Kontrakan, serta pusat-pusat keramaian dalam mencegah potensi gangguan Ketertiban Umum dan Ketenteraman serta Perlindungan Masyarakat.

4. Mengaktifkan Kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) melalui Ronda pada Wilayah masing-masing sampai tingkat RT/RW, serta mengaktifkan wajib lapor bagi tamu 1x24 jam kepada pengurus RT/RW di Lingkungannya.

5. Melakukan Koordinasi,Integrasi dan Sinkronisasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), dalam menyikapi, menyelesaikan isu-isu Strategis yang Berpotensi terhadap gangguan Ketenteraman dan ketertiban Umum yang berdampak pada Stabilitas Politik.

6. Menghimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten/Kota, para pelaku usaha dan Stakeholder lainnya untuk berpartisipasi memasang baliho/Spanduk yang berisi ajakan/himbauan mengecam dan tidak takut terhadap aksi Terorisme.

7. Menyampaikan Laporan secara tertulis Kepada Menteri Dalam Negeri setiap perkembangan situasi dan Kondisi Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Serta Perlindungan Masyarakat di daerah masing-masing melalui:

1) Email: Puskominkemendagri@kepmendagri.go.id

2) Faksimile: (021)34830932 dan (021) 3143426

3. Whatsapp: 082147641348(id:PUSKOMIN KEMENDAGRI)

4. Telegram: 082147641384 (id:PUSKOMIN KEMENDAGRI)

5. BBM :DCAE7241.

Tembusan disampaikan kepada:

1.Bapak Presiden Republik Indonesia.

2.Menteri Koordinator Bidang Politik,Hukum dan Keamanan.

3.Menteri Sekretaris Negara

4.Panglima Tentara Nasional Indonesia.

5.Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

6.Ketua DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia.

7.Kepala Satuan Polisi Pamong Raja Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia, dan

8.Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia. (her)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top