• Home
  • Rohil
  • 2018, Dinas Lingkungan Hidup Rohil Canangkan Program Unggulan Adiwiyata

2018, Dinas Lingkungan Hidup Rohil Canangkan Program Unggulan Adiwiyata

Sabtu, 10 Februari 2018 | 21:58
Kadis Lingkungan Hidup Suwandi Ssos foto bersma
ROHIL, RIAUGREEN.COM - Dalam upaya membangun Program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita berkelanjutan.

Untuk itu, pemerintah Kabupaten Rokan Hilir(Rohil) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mencanangkan Program Adiwiyata,Adiwiyata merupakan sekolah yang unggul dalam Pendidikan Lingkungan Hidup serta kepedulian sekolah terhadap lingkungan tempat tinggalnya.

Tujuan dari adanya program adiwiyata ini adalah, menuju pada sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, sehingga semua warga sekolah harus peduli terhadap lingkungan dan berbudaya lingkungan.

Program ini dicanangkan untuk mengembangkan lingkungan belajar yang sehat, aman, nyaman,dan menyenangkan, sehingga diharapkan adiwiyata mampu menciptakan Lingkungan belajar yang ideal dan baik untuk memperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma dan etika.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir,Suwandi SSos, Sabtu (10/2/2018)
mengatakan, program Adiwiyata melalui sekolah diharapkan dapat diterapkan oleh guru kepada muridnya, sehingga dengan adanya ilmu yang dimiliki masing-masing siswa kiranya dapat diterapkan di rumah dan di Lingkungan tempat tinggalnya.

"Alhamdulillah tahun 2012 sejak program Adiwiyata ini di luncurkan,Kabupaten Rokan Hilir sudah melahirkan beberapa sekolah adiwiyata, baik ditingkat Provinsi maupun tingkat Nasional, bahkan tahun 2017 lalu, Kabupaten Rokan Hilir meraih 20 sekolah untuk adiwiyata tingkat Provinsi, Insyaallah tahun ini akan kita usulkan menjadi sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional, dan sebanyak 2 sekolah TK Adiwiyata Mandiri Nasional, adapun sekolah Adiwiyata diusulkan untuk tingkat Nasional adalah Peraih nilai tertinggi untuk Adiwiyata Provinsi," terang Suwandi.

Suwandi menjelaskan, dari data yang ada di Dinas Lingkungan Hidup(DLH) Kabupaten Rohil sampai tahun ini sudah hampir 50 Sekolah Adiwiyata, baik dari tingkat Kabupaten, maupun Tingkat Provinsi, bahkan Tingkat Nasional,maka dari itu sudah layak kabupaten Rokan Hilir untuk dicanangkan sebagai sekolah Kabupaten Adiwiyata.

"Pencanangan Program adiwiyata ini akan kita laksanakan pada saat hari Lingkungan Hidup Sedunia  di Tingkat Kabupaten Rohil," kata Suwandi.

Tahun 2018 ini Dinas Lingkungan Hidup menargetkan beberapa Program unggulan yang harus kita sukseskan bersama, antara lain:

1. Menjadikan 20 sekolah Adiwiyata juara tingkat Nasional, dan 2 sekolah menjadi Adiwiyata Mandiri,serta Proklim Rohil berprestasi kembali di tingkat Nasional.

2. Kembali Beroperasi Laboratorium Lingkungan untuk dapat meraih Predikat Akreditasi, sehingga semua pelaku usaha bisa melakukan uji sampel di Lab yang ada di Rohil sehingga bisa meningkatkan PAD.

3. Melakukan Pembinaan kepada  pelaku usaha termasuk PKS agar taat dan patuh dalam pengelolaan Lingkungan, termasuk memberikan peringatan dan Hukuman terhadap pelaku usaha yang lalai dalam mengelola limbah dan Merusak Lingkungan. (her)

BERITA LAINNYA
Diguyur Hujan Lebat, Jalan Veteran Digenangi Air
Minggu, 14 Oktober 2018 | 11:36
HUT Rohil ke-19, ISSI Rohil Gelar Acara FUN BIKE
Minggu, 07 Oktober 2018 | 20:48
Dandim 0321 Rohil Inspektur Upacara HUT TNI ke-73
Jumat, 05 Oktober 2018 | 19:15
BERIKAN KOMENTAR
Top