• Home
  • Riau
  • 3 Perwakilan Asal Rohil Terima Bonus MTQ Nasional XXVII

3 Perwakilan Asal Rohil Terima Bonus MTQ Nasional XXVII

Minggu, 09 Desember 2018 | 22:07
Bupati Rohil Suyatno foto bersama dengan penerima bonus

ROHIL, RIAUGREEN.COM - PLT Gubernur Riau Drs H Wan Tamrin Hasyim Berikan bonus kepada 3 perwakilan Kafilah Riau asal Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Bonus diberikan kerena telah berhasil memperoleh peringkat 6 besar pada MTQ XXVII Tingkat Nasional Tahun 2018 di Sumut, bonus tersebut diberikan PLT Gubernur Riau sebagai bentuk apresiasi jasa propesi kepada Sang Juara.

Bonus tersebut diberikan kepada Sang juara pada saat Lonching Logo MTQ XXVII Tahun 2018 di Gedung Daerah Provinsi Riau.

"Dalam acara tampak juga hadir Bupati KabupatenRokanHilir H Suyatno Amp, dan Bupati  berjanji akan memanggil Juara MTQ Nasional tersebut pada hari Pahlawan Tanggal 10 November 2018 nanti," kata Zakifri.

Zakifri menjelaskan, Lebih kurang 11 cabang dan golongan mendapat bonus tersebut yang diserahkan langsung oleh Plt. Gubernur Riau di hadapan seluruh Bupati/Walikota se-Riau.

Gubernur Riau merasa bangga karena kafilah Riau mendapat peringkat 6 Besar, padahal beliau sendiri tidak memasang target untuk meraih peringkat 6 tersebut.

Termasuk yang paling banyak menyumbang poin pada kafilah Riau adalah dari Rohil. Yang mana dari jumlah poin yang diperoleh yaitu sebanyak 23 poin dan Rohil menyumbang 11 poin. Hal ini disampaikan pendamping Official LPTQ Rohil, Zakifri SH,i, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (31/10/2018).

Peserta adalah anak jati Rohil sendiri yaitu Ivo Milawati sebagai Juara 1 Nasional Cabang Khat. Kemudian Ridwan dan Solihati masing-masing meraih juara II Nasional cabang khat golongan kontemporer.

Diketahui Provinsi Riau mengutus sebanyak 54 peserta dari berbagai cabang mengikuti Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVII tingkat Nasional yang akan digelar pada minggu pertama Bulan Oktober 2018 di Propinsi Sumatra Utara (Sumut). Dari jumlah tersebut, 8 peserta diantaranya berasal dari Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Kedelapan peserta asal Rohil yang mewakili Riau, sebut mantan Kadis CKTR Rohil tersebut yakni 4 peserta dari Cabang Kaligrafi, 1 Peserta cabang Tafsir Bahasa Arab, 1 peserta cabang Tilawah dewasa putri, 1 peserta cabang Hifzil 30 Juz, dan 1 peserta mengikuti cabang MMQ. Sementara 1 peserta pada tahun lalu yang mewakili Riau yakni cabang Hafiz 5 Juz putri.

Ketua LPTQ Rohil Syafrudin Iput berharap kepada para peserta asal rohil yang akan mengikuti MTQ tingkat nasional ini nantinya dapat dan mampu mewakili Riau di ajang MTQ tingkat internasional.

"Mudah-Mudahan dari kedelapan peserta kita ini nantinya ada yang mewakili Riau di tingkat MTQ internasional," harapnya.

Ia juga membeberkan kalau pihaknya sejak tahun 2016 silam tidak pernah lagi memakai jasa peserta dari luar Riau dalam ajang MTQ tingkat kabupaten. "Untuk MTQ ke XV tingkat kabupaten tahun ini sudah 90 persen peserta asli Rohil, sementara 10 persennya masih diambil dari luar yang masih dalam wilayah Propinsi Riau," ucap Iput.

Iput juga mengakui kalau putra-putri Rohil sangat banyak yang mempunyai bakat, akan tetapi sangat kurangnya pembinaan. Hal ini, sebutnya terkendala dengan dana.

"Kita berharap tahun depan lebih banyak lagi putra-putri kelahiran Rohil yang mewakili Riau di ajang MTQ tingkat nasional maupun internasional," tutupnya. (adv/her)


Loading...
BERITA LAINNYA
Gubri: Pemprov Riau Tetap Perhatikan Reteh
Selasa, 29 Januari 2019 | 19:27
BERIKAN KOMENTAR
Top