• Home
  • Riau
  • Kabupaten Rohil Raih Penghargaan 3 Proklim Utama Tahun 2018 dari KLHK

Kabupaten Rohil Raih Penghargaan 3 Proklim Utama Tahun 2018 dari KLHK

Minggu, 09 Desember 2018 | 22:03
ROHIL, RIAUGREEN.COM - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Dr Ir Siti Nurbaya MSc memberikan Tiga Penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), dalam program kampung iklim (Proklim) Tahun 2018, penghargaan langsung diterima oleh Wakil Bupati Rokan Hilir Drs Jamiluddin didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Suwandi SSos, Rabu (24/10/2018) bertempat di Auditorium manggala Wana Bakti KLHK, Senayan Jakarta.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, atas prestasi serta dukungannya dalam membina wilayah Kepenghuluan/Kelurahan, Dusun dan RT/RW di Kabupaten Rohil.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Suwandi,S.Sos, mengatakan, bahwa penghargaan tersebut didapatkan karena pemerintah Kabupaten Rokan Hilir konsisten dalam mendorong program kampung iklim.

"Sejak digulirkannya program kampung iklim pada tahun 2012 lalu, Kabupaten Rokan Hilir sudah medapatkan penghargaan 11 Proklim utama, proklim yang didapatkan yaitu, tahun 2012 Kabupaten Rokan Hilir mendapatkan 1 lokasi, Tahun 2015 1 lokasi, Tahun 2016 ada 3 lokasi, Tahun 2017 3 lokasi dan tahun 2018 ini mendapatkan 3 lokasi," jelas Suwandi.

Tiga Penghargaan tersebut diberikan Menteri LHK kepada Dusun Cibaliun Kepenghuluan Balai Jaya Kecamatan Balai Jaya sebagai Proklim utama, kemudian RW.08, Desa Balai Jaya Kota, dan RW.07 Desa Balai Jaya Kota Kabupaten Rohil, Provinsi Riau.

Untuk RW.08 Desa Balai Jaya Kota dan RW.07 Desa Balai Jaya kota mendapatkan Sertifikat yang diserahkan pada hari Selasa Tanggal (23/10/2018), sedangkan untuk Dusun Cibaliun Kepenghuluan Balai Jaya, mendapatkan Piagam, Trophy dan intensif, yang diserahkan pada hari Rabu (24/10/2018).

Sementara itu penyerahan resmi Sertifikat Proklim Utama untuk 2 lokasi, nanti dilakukan di Dinas LHK Provinsi Riau, pada acara tersebut Proklim Rohil mewakili Provinsi Riau pada acara pameran hari Aksi Pengendalian Perubahan iklim di Jakarta.

Penghargaan yang terima pemerintah Rohil juga diterima oleh 41 Kab/ Kota Se-indonesia dan sebanyak 9 Pemerintah Provinsi se-indonesia.

Program Kampung Iklim (ProKlim) sendiri adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Pelaksanaan Proklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim, dimana di dalamnya terkandung komponen utama, syarat pengusulan, penilaian dan kategori Proklim. Dalam pertauran menteri tersebut juga disinnggung bahwa ProKlim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa. (adv/her)


Loading...
BERITA LAINNYA
Gubri: Pemprov Riau Tetap Perhatikan Reteh
Selasa, 29 Januari 2019 | 19:27
BERIKAN KOMENTAR
Top