• Home
  • Politik
  • Mantu Jokowi Hingga Anak Bupati Berburu Kursi di Pilkada se-Sumut

Mantu Jokowi Hingga Anak Bupati Berburu Kursi di Pilkada se-Sumut

Kamis, 13 Agustus 2020 | 12:54
detikcom
Ilustrasi Pilkada
RIAUGREEN.COM - Sederet keluarga pejabat maupun mantan pejabat maju dalam beberapa Pilkada serentak di Sumatera Utara (Sumut). Setidaknya, ada enam Pilkada yang bakal pesertanya merupakan keluarga pejabat.

Hingga Kamis (13/8/2020), sejumlah partai telah mengumumkan jagoannya untuk Pilkada 2020, termasuk di wilayah Sumut. Ada 23 Pilkada tingkat kabupaten/kota yang bakal digelar di Sumut.

Para bakal calon pun mulai bergerak mencari dukungan partai dan simpati warga. Berikut bakal calon kepala daerah di Sumut yang merupakan keluarga pejabat atau eks pejabat:


1. Bobby Nasution

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini telah mendapat dukungan dari lima partai politik untuk maju sebagai calon Wali Kota Medan.

Kelima partai yang mengusung Bobby itu adalah NasDem, Golkar, PAN, Gerindra dan PDIP. Gabungan lima partai itu memiliki total 34 kursi di DPRD Kota Medan.

Bobby diusung berpasangan dengan Aulia Rachman. Aulia sendiri merupakan Ketua Komisi II DPRD Medan dari Fraksi Gerindra.

2. Lisa Andriani Lubis

Lisa Andriani Lubis merupakan istri Wali Kota Binjai, M Idaham. Lisa saat ini menjabat sebagai Ketua TP PKK Binjai.

Lisa sejauh ini telah mendapat rekomendasi dukungan sebagai bakal calon Wali Kota Binjai dari NasDem dan PDIP. Dia bakal berpasangan dengan Sapta Bangun.

3. Hasnah Harahap

Hasnah merupakan istri dari Bupati Labuhanbatu Selatan, Wildan Hasan Tanjung. Hasnah telah mendapat rekomendasi untuk diusung sebagai calon bupati dari Perindo.

Selain itu, partai NasDem juga memberikan dukungan kepada Hasnah. Ketua TP PKK Labusel ini bakal berpasangan dengan Wakil Bupati petahana, Kholil Jufri Harahap.

4. Anton Achmad Saragih

PDIP telah mengumumkan rekomendasi dukungan kepada Anton untuk maju sebagai bakal calon Bupati Simalungun. Anton merupakan abang Bupati Simalungun saat ini, JR Saragih.

Anton berduet dengan Rospita Sitorus sebagai bakal cawabup. Selain PDIP, Anton-Rospita juga disebut mendapat dukungan dari PAN.

5. Winda Fitrika

Winda adalah istri dari almarhum Taufan Gama Simatupang yang merupakan mantan Bupati Asahan. Saat ini, Winda telah mendapat rekomendasi dukungan dari PDIP.

Dia diusung sebagai bakal calon Bupati Asahan mendampingi Rosmansyah selaku bakal calon bupati. Keduanya juga disebut telah mendapat dukungan dari Partai Hanura.

6. Adlin Tambunan

Adlin Umar Yusri Tambunan bakal maju sebagai calon Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) berduet dengan Darma Wijaya (Wiwik) selaku bakal calon bupati. Adlin merupakan putra dari Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan.

Bakal paslon ini telah mendapat dukungan dari PDIP dan Golkar. Adlin pernah menjadi Caleg DPR Golkar untuk Dapil I Sumut pada Pemilu 2019. Sementara, Wiwik merupakan Wakil Bupati Sergai saat ini.

7. Tengku Muhammad Ryan

Pertarungan '2 pangeran' digadang-gadang bakal terjadi di Pilkada Sergai. Selain Adlin, ada Tengku Muhammad Ryan yang diusung NasDem untuk maju sebagai bakal calon Wakil Bupati Sergai.

Ryan berpasangan dengan Bupati petahana Soekirman. Bakal Paslon ini mendapat dukungan dari NasDem dan PAN.

Ryan sendiri merupakan putra dari mantan Bupati Sergai yang juga Mantan Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi. Erry kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan NasDem Sumut.(detik.com)

Loading...
BERITA LAINNYA
Wawako Ingatkan ASN Jangan Salahgunakan Narkoba
Sabtu, 15 Agustus 2020 | 12:55
BERIKAN KOMENTAR
Top