• Home
  • Politik
  • Jelang Sidak Etik, Kenapa MKD Merotasi Anggotanya?

Jelang Sidak Etik, Kenapa MKD Merotasi Anggotanya?

Rabu, 25 November 2015 | 14:04
Ketua DPR RI, Setya Novanto. (foto internet)
JAKARTA, RIAUGREEN.COM - Jelang sidang etik, sejumlah fraksi parpol pendukung pemerintah di DPR melakukan pergantian atau rotasi anggotanya di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Wakil Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad meyakini, fraksi di MKD sengaja menempatkan kader yang kuat di bidang hukum mengingat kasus pencatutan nama Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla yang diduga dilakukan Ketua DPR Setya Novanto menyita perhatian publik.

"Mereka kan memang ada kunjungan kerja ke daerah dan ini kasus menarik perhatian, sementara ditempatkan personel dengan basic latar belakang hukum, Akbar dan Henry yang ada di PDIP," kata Dasco saat dihubungi wartawan, Rabu (25/11).

Rotasi anggota MKD jelang sidang kasus Setnov tidak dipersoalkan. Sebab masing-masing fraksi bebas menentukan sikap. "Sehingga mungkin untuk kemudian kehendak dari fraksi dalam menyikapi perkara ini tempatkan orang yang menjalankan hal itu," tutur politisi Gerindra ini.

Sebelumnya, Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Surahman Hidayat menjelaskan ada beberapa anggotanya yang berganti personel. Pergantian ini sifatnya bukan rotasi, akan tetapi pengganti sementara. Pergantian tersebut menjelang sidang dugaan pencatutan nama Presiden Jokowi oleh Ketua DPR Setya Novanto guna meminta saham PT Freeport.

Beberapa yang berganti tersebut ialah dari partai pendukung pemerintah. Dari Fraksi Demokrat mengganti Guntur Sasongko dengan Fandi Utomo. Sedangkan Fraksi Partai Amanat Nasional mengganti Hang Ali Saputra Syah Pahan dengan Sugiman, serta Ahmad Riski Sadiq digantikan A Bakrie. Kemudian, anggota Fraksi NasDem Fadholi digantikan oleh Akbar Faisal. Terakhir, Fraksi PDIP menggantikan M Prakosa dengan Henry Yosodiningrat.




editor  : Hafiz
source : merdeka.com

BERITA LAINNYA
Cahyo: Saya Siap Lahir Bhatin
Minggu, 24 Maret 2024 | 03:51
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top