Ide Baru Mendikbud, Sabtu Minggu Libur Sekolah

Rabu, 07 September 2016 | 01:11
Muhajir Effendi
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy
RiauGreen.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy kembali melontarkan wacana baru. Setelah menggulirkan ide full day school yang menuai pro-kontra, kini menyampaikan gagasan agar hari Sabtu dan Minggu menjadi hari libur sekolah nasional.

Wacana itu dilontarkan Mendikbud saat berkunjung ke Kantor Malang Post (Jawa Pos Group), Minggu (4/9).

Muhadjir beralasan, libur hari Sabtu dan Minggu dapat memberi kesempatan kepada siswa yang ingin menikmati waktu berkumpul bersama keluarga. Sekaligus juga menjadi ajang siswa mengembangkan bakat minat mereka dengan bergabung dalam organisasi.

Wacana soal libur hari Sabtu dan Minggu, kata Muhadjir, merupakan bagian dari rencana penerapan sekolah dengan pendidikan karakter.

Mantan rektor UMM itu menjelaskan, materi akan dimampatkan di hari Senin hingga Jumat, sehingga Sabtu dan Minggu bisa dimanfaatkan untuk aktivitas lain. Bahkan juga bisa digunakan untuk refreshing keluarga, dengan memanfaatkan libur dua hari.

Muhadjir menjelaskan, aktivitas menyenangkan itu tergantung dari konsep yang digagas masing-masing sekolah.

"Pendidikan karakter tidak membuat siswa belajar seharian. Ada jam untuk melaksanakan kegiatan menyenangkan, seperti pengembangan minat dan bakat, mengaji atau membaca buku fiksi," terangnya. (jpnn)

BERITA LAINNYA
Ide Baru Mendikbud, Sabtu Minggu Libur Sekolah
Rabu, 07 September 2016 | 01:11
UPTD Bengkalis Taja Debat Bahasa
Senin, 07 Maret 2016 | 15:19
BERIKAN KOMENTAR
Top