• Home
  • Pelalawan
  • Adat Balimau Kasai Potang Magang Kabupaten Pelalawan Dihadiri Gubri
ADVERTORIAL

Adat Balimau Kasai Potang Magang Kabupaten Pelalawan Dihadiri Gubri

Sabtu, 11 Mei 2019 | 13:18
Bupati Pelalawan dua periode HM Harris menyambut gubri dalam adat Balimau Kasai Potang Magang Kabupaten Pelalawan
PELALAWAN, RIAUGREEN.COM - Setiap muslim beragama islam yang akan melaksanakan ibadah ramadhan dengan melaksanakan puasa sebulan penuh di sunahkan mensucikan diri dari penyakit hati dengan saling bermaaf maafan dan besih jasmani maupun rohani sehinga setiap muslim siap untuk melaksanakan ibadah puasa 30 hari kedepan.

Dalam mensucikan diri bersih jasmani muslim di Indonesia khususnya di Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau memiliki cara tersendiri di dalam menyambut bulan suci ramadhan 1440 H / 2019 dengan melakukan mandi balimau yang mana tradisi religius ini sudah turun temurun di laksanakan oleh masyarakat Pelalawan sejak dahulu kala.

Mandi Balimau Potang Mogang yang merupakan khasanah negeri seiya sekata Kabupaten Pelalawan ini di laksanakan di tepian sungai Kampar yaitu Balai Anjungan Tepiah Ranah Tanjung Bunga Kelurahan Langgam Kecamatan Langgam. Rabu (01/05/2019).
 
Mandi balimau kasai ini di hadiri oleh Gubernur Riau  H. Syamsuar di dampingi oleh Bupati Pelalawan HM.Harris, Wakil Bupati Pelalawan, Drs H. Zardewan MM, Sekda Tengku Mukhkis, Kapolres AKBP Kaswandi Irwan, Kejari Pelalawan, dan Ketua KNPI Pelalawan, Adi Sukemi.

Pelaksanaan mandi balimau kasai potang mogang, terlebih dahulu dimulai dengan acara makan bejambau atau dikenal dengan makan beradat, dimana Bupati Pelalawan HM.Harris ikut dalam prosesi makan bejambau berbaur bersama Pemuka Adat, Batin, Ninik mamak, Tokoh masyarakat dan Alim Ulama.

Selain itu, didalam rangkaian prosesi mandi balimau kasai potang mogang dilakukan upacara Togak Tonggol sebagai pembuka yang dipimpin oleh Datuk Rajo Bilang Bungsu.Tonggol merupakan sebuah bendera simbol kebesaran suku suku masyarakat adat dilanggam yang dikibarkan diatas tiang panjang yang berasal dari bambu.

Bupati  Pelalawan dua periode HM.Harris  mengatakan dengan keberagaman warna bendera yang dikibarkan diatas tonggol menandakan tidak ada permasalahan atau persoalan,bahkan dengan perbedaan yang ada kita tetap bisa bersatu bersama," ungkap H.M.Harris.

Datuk Setia Amanah Payung Panji Kabupaten Pelalawan  ini melanjutkan agar masyarakat pelalawan bisa terus menjaga dan melestarikan warisan budaya turun temurun dinegeri dengan motto seiya sekata ditengah mulai tergerusnya kebudayaan kita oleh negara luar.
Ia juga berharap dengan prosesi mandi balimau kasai potang mogang ini bisa membersihkan hati sehingga kita bisa bersuka cita menyambut bulan suci ramadhan 1440 H.

Sementara itu, Gubenur Riau H.Syamsuar menyebut acara Mandi Balimau Potang Mogang yang di gelar setiap tahun dalm memasuki bulan suci ramadhan merupakan nilai adat dan budaya yang harus dijunjung tinggi sehingga tidak akan hilang dimakan oleh waktu.
Mantan Bupati Kabupaten Siak Propinsi Riau ini mengajak masyarakat agar adat yang menjadi kebagaan ini dapat dilestarikan sehingga bisa memacu tumbuh kembangnya wisata di Propinsi Riau.

Propinsi Riau Tahun 2018 kemaren mendapatkan peringkat ketiga setelah lombok dan aceh dalam kategori destinasi wisata halal yang meliputi wisata religi, wisata alam dan event pariwisata lainnya. Ia juga berharap agar potensi wisata di Propinsi Riau perlu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Riau. Hendaknya kita lestarikan dan jaga destinasi wisata Propinsi Riau.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP.PKK HJ.Ratna Mainar Harris, Wakil Ketua TP.PKK Pelalawan Hj.Ramlah Zardewan, Ketua Dharma Wanita Hj.Teti Hariati Mukhlis, Anggota DPRD Propinsi Riau Sewitri, Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Pelalawan, Datuk Seri Tengku Zulmizan Fainja Assagaf, Ketua Umum Lembaga Adat Melayu Pesisir (LAMP) Tengku Nahar, SP, Forkompinda Pelalawan, Kepala OPD, serta Camat dan Lurah/Kades. (angga)


BERITA LAINNYA
Diskominfo Pelalawan 'Gandeng' PWI
Jumat, 08 Desember 2023 | 10:56
Kadis PUPR: Jalan Kota Masih Kewenangan Pusat
Kamis, 30 Juni 2022 | 15:25
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top