• Home
  • Pelalawan
  • Hindari Anggota Terlilit Rentenir, Kopkar RAPP Sediakan Pinjaman Tanpa Bunga

Hindari Anggota Terlilit Rentenir, Kopkar RAPP Sediakan Pinjaman Tanpa Bunga

Senin, 29 April 2019 | 22:38
Ketua Kopkar RAPP, Marzum (Paling Kanan) memberikan penjelasan mengenai program Kopkar kepada Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindag Kabupaten Pelalawan, Mahrizal (kedua dari kanan) dalam kegiatan RAT Kopkar, Sabtu (27/4/2019), di Pangkalan Kerinci.

PANGKALAN KERINCI, RIAUGREEN.COM - Koperasi Karyawan (Kopkar) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) kembali melakukan terobosan program yang menyentuh langsung kebutuhan anggotanya.

Salah satunya memberikan fasilitas pinjaman tanpa bunga dan denda. Demikian disampaikan Ketua Kopkar RAPP, Marzum pada saat pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2018, Sabtu (27/4/2019), Hotel Unigraha, Pangkalan Kerinci. 

Dikatakan Marzum, dalam modifikasi pinjaman, pihaknya senantiasa menerima masukan dari para anggota. Selain itu, Kopkar juga meluncurkan program permodalan usaha bagi anggota dengan sistem bagi hasil. 

"Pinjaman ini baru saja kita luncurkan dan ternyata animonya luar biasa, sebulan sekitar 2 miliar kita butuh pencairan. Ini sangat penting untuk membantu karyawan, karena pernah ada karyawan yang terlilit hutang karena rentenir, sehingga mengancam keutuhan rumah tangganya, lalu kopkar bantu menyelesaikan masalahnya," papar Marzum.

Marzum menambahkan Kopkar bukan mengejar keuntungan semata, namun pinjaman kopkar tersebut lebih difokuskan untuk modal usaha bukan untuk konsumtif. Tujuannya agar karyawan terbantu dan sejahtera, dan kopkar juga tidak rugi.

Selain itu, Kopkar RAPP juga tengah mempersiapkan program pensiun bagi karyawan yang berkolaborasi dengan perusahaan. Karyawan yang akan pensiun akan diberikan pelatihan oleh perusahaan, dan kopkar membantu permodalan. 

"Dalam 6 bulan pertama tidak ada mewajibkan membayar tapi bangun dulu usahanya. Tujuannya agar Kopkar bisa berkontribusi pada anggota dan bisa dikenang nantinya," katanya. 

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindag Kabupaten Pelalawan, yang diwakili Mahrizal mengapresiasi capaian dari Kopkar RAPP. Ia mengatakan jika kopkar maju dan besar maka secara tidak langsung telah membantu pemerintah daerah apalagi negara. 

"Saya sangat apresiasi kopkar RAPP ini, selain anggotanya yang besar, kopkar juga telah mendapatkan peringkat secara nasional. Kami sangat berkeyakinan Kopkar RAPP akan semakin baik. Pemerintah saat ini juga telah mengembangkan koperasi Syariah, dan kopkar telah memulainya dengan pinjaman tanpa bunga, ini luar biasa," ujar Mahrizal yang membuka secara resmi pelaksanaan RAT Kopkar RAPP ini.

RAT Kopkar kali ini berhasil mencatatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar 1,3 miliar rupiah. Koperasi yang berdiri sejak tahun 1995 ini memiliki anggota lebih dari 8 ribu orang dan berhasil memperoleh predikat wajar dari hasil audit pihak ketiga independen. (rls)


Loading...
BERITA LAINNYA
Danramil 03 Bunut Aktif Menangani Karhutla
Selasa, 30 Juli 2019 | 08:59
HUT Bhayangkara, RAPP Peroleh Penghargaan
Kamis, 11 Juli 2019 | 12:12
Diskominfo Inhu Gelar UKW untuk Wartawan
Rabu, 19 Juni 2019 | 14:04
BERIKAN KOMENTAR
Top