PT RAPP Serta Pemprov Riau Ikuti Pekan LHK 2018

Senin, 30 Juli 2018 | 15:20
SIAK, RIAUGREEN.COM - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau dan PT RAPP ikut berpartisipasi pada ajang Pekan Lingkungan Hidup dan Kehuatanan (PLHK) ke-22, 2018, yang dibuka, Kamis (19/7/2018) di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat.

Stand pameran DLHK Riau dan PT RAPP disatukan di pusat pameran kegiatan bidang lingkungan hidup dan kehutanan terbesar se- tanahair tersebut.

Di stand tersebut tampak Kepala Seksi Pengelolaan Limbah Padat dan Domestik, DLHK Riau, Soffia Seffen, SH bersama Kasi Pengendalian Perubahan Iklim DLHK Riau, Evan Syahrul.

Mereka tampak mengenakan batik corak Riau yang seragam dengan Senior External Relations SHR RAPP, Juwendi Jamal.

Soffia Seven, Evan Syahrul dan Juwendi juga ramah menyapa tamu-tamu yang berkunjung, tidak terkecuali Tribun.

Evan menyebut, Pemprov Riau melalui DLH selalu ikut dalam kegiatan bertajuk kampanye pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan hidup tersebut.

Sebagai komitmen Pemprov Riau beserta stakeholders dalam menjaga lingkungan hidup.

"Salah satu bentuk komitmen kita menjaga lingkungan hidup dan kehutanan, maka kita selalu ikut kegiatan ini," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga selalu mengampanyekan agar Riau bebas sampah. Sedangkan kegiatannya juga sudah memulai mengelola sampah dengan baik, yang berbasiskan masyarakat.

"Kami telah melakukan pembinaan dan pelatihan tentang pengelolaan limbah plastik, menjadi beragam produk. Kegiatan kami selama ini juga dudukung oleh DPRD Riau," kata dia.

Soffia Sefen menambahkan, pihaknya sudah cukup banyak melibatkan swasta dan masyarakat dalam penanganan sampah dan penjagaan hutan. Sehingga pihaknya sudah meresmikan bank sampah induk di 12 kabupaten/kota se Riau.

Bank-bank sampah di kabupaten/kota juga membentuk unit-unit tersendiri di bawahnya, sampai ke sekolah-sekolah.

"Bank-bank sampah yang kami kelola melibatkan masyarakat. Sehingga tidak hanya mendaur ulang sampah menjadi produk lain, namun menjadikan sampah sebagai sumber ekonomi, masyarakat," kata dia.

Ia sendiri menilai, komitmen seperti itu juga dimiliki oleh PT RAPP selama ini. Sehingga ia merasa perlu ada sinergi antara DLH Riau dengan PT RAPP untuk mengelola sampah dan pengurangan pemakaian plastik.

Sementara itu, Juwendi Jamal juga mengatakan, ini bukan kali pertama PT RAPP berpartisipasi dalam ajang pekan LHK.

Keikutsertaannya bersama Pemprov Riau juga dianggap sebagai pengejawantahan terhadap komitmenya sebagai perusahaan yang berpihak kepada pelestarian lingkungan dan kehutanan.

"Kami juga telah membentuk bank sampah dikelola oleh karyawan PT RAPP sendiri. Sehingga produksi sampah dalam 1 hari mencapai 2-3 ton sudah dikelola dengan baik, yang menjadi produk lain yang dapat dimanfaatkan masyarakat," kata dia.

Kedepan, pihaknya merencanakan pengelolaan sampah di perusahaan tempatnya bernaung berbasiskan masyarakat. Sehingga tidak semua pengelolaan sampah melibatkan pihak ketiga, namun memberdayakan masyarakat setempat.

Kegiatan bakal berlangsung hingga 21 Juli 2018 mendatang. PLHK ke- 22, 2018 ini diasumsikan lebih semarak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sehingga menjadi ajang penampilan prestasi dan program program di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Kemudian juga sebagai sarana promosi dan publikasi berbagai produk dan jasa di LHK.

Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan meliputi, pameran, talkshow, seminar, eco driving rally dan workshop, lomba
Menggambar dan mewarnai, lomba insinyur cilik, games booth, dan lain-lain. (rls)


BERITA LAINNYA
PT RAPP Bantu Tas Sandang Untuk 386 JCH Pelalawan
Jumat, 17 Agustus 2018 | 19:34
Tim FERT RAPP Bantu Padamkan Karhutla di TNTN
Senin, 30 Juli 2018 | 15:47
Dekranasda Kampar Belajar Membatik di RAPP
Senin, 30 Juli 2018 | 15:25
BERIKAN KOMENTAR
Top