Penderita ISPA di Pelalawan Meningkat

Kamis, 12 Juli 2018 | 09:51
PELALAWAN, RIAUGREEN.COM - Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan penyakit, masih banyak diderita masyarakat yang datang berobat di Puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci I Kabupaten Pelalawan dari tujuh bulan belakangan di tahun 2018 ini.

Tingginya penderita ISPA disebabkan masih banyak masyarakat kurang peduli terhadap pola hidup bersih dan sehat (PHBS).
         
" Ya, peningkatan itu antara lain terlihat dari bertambahnya jumlah pasien yang menjalani rawat jalan di Puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci I dalam tujuh bulan belakangan yang dimulai dari bulan Januari sampai pertengahan Juli tahun 2018 ini. Penyakit infeksi saluran pernafasan akut di Kecamatan Pangkalan Kerinci menjadi penyakit dengan jumlah pasien terbanyak sebanyak 1.971 kasus. Sementara untuk urutan kedua didominasi penderita hipertensi sebanyak 742 kasus, gastritis sebanyak 713 kasus, Gimul sebanyak 557 kasus," ujar Kepala Puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci drg Erlinda, Rabu (11/7).
       
Dilanjutkan drg Erlinda, untuk penderita obs febris sebanyak 461 kasus, rhematoid arthritis sebanyak 298 kasus, dermatitis sebanyak 286 kasus, migren dan sindrome nyeri kepala ssbanyak 212 kasus, diare (GE) sebanyak 199 kasus serta yang terakhir penderita pneumonia sebanyak 147 kasus. Untuk terus menekan tingginya ISPA, pihaknya (petugas Puskesmas,red) terus memberikan sosialisasi tentang cara pola hidup bersih dan sehat
      
" Kesadaran masyarakat untuk memeriksa kesehatan sangat baik, hampir setiap hari ada yang berobat. Terjadinya peningkatan penderita infeksi saluran pernapasan akut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya, terjadi perubahan iklim yang ekstrem, selain itu, sebagian penduduk setempat kurang memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan sehingga mudah terserang berbagai macam penyakit," sebutnya.
        
drg Erlinda menambahkan, dirinya berharap Kepada masyarakat kecamatan Pangkalan Kerinci meminta untuk lebih giat lagi membersihkan lingkungan rumah dan lingkungan di sekitar rumahnya, agar kasus penyakit ISPA di wilayahnya ini bisa ditekan. Dan tidak lupa juga, dirinya berpesan kepada masyarakat untuk tidak lupa menggalakkan kembali gerakan pembersihan di lingkungan sekitarnya dengan cara pola hidup bersih dan sehat. (mcr)

BERITA LAINNYA
182 CPNS di Pelalawan Diangkat Jadi PNS
Jumat, 07 September 2018 | 14:53
Dua Pengedar di Pelalawan Dibekuk
Jumat, 31 Agustus 2018 | 11:39
BERIKAN KOMENTAR
Top