• Home
  • Pelalawan
  • Ahli Sebut 'Black Out' Sebabkan Limbah Berbahaya Dibuang RAPP ke Sungai

Ahli Sebut 'Black Out' Sebabkan Limbah Berbahaya Dibuang RAPP ke Sungai

Rabu, 21 Maret 2018 | 11:19
foto :Angga
Limbah RAPP yang Dibuang Ke Sungai Kampar
PELALAWAN, RIAUGREEN.COM - Limbah Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang cemari sungai Kampar menjadi sorotan berbagai kalangan ahli dan pemerhati lingkungan.

Sejumlah ahli menduga, penyebab ribuan ikan Sungai Kampar mengapung menjadi bangkai di kanal limbah RAPP disebabkan oleh limbah berbahaya yang dibuang perusahaan ke Sungai Kampar pekan lalu, Kamis (15/3/2018).

Ahli juga menyebutkan kepada riaugreen.com, Selasa (20/3/2018), bahwa faktor penyebab limbah berbahaya RAPP menjadi tidak terkendali dan dibuang ke Sungai Kampar adalah Kecelakaan kerja yang menyebabkan 3 teknisi enginering PT Riau Prima Energi (RPE) menderita luka bakar serius.

"Pada saat mereka shutdown, teknisi lapangan mereka mengambil foto taq number mesin,  di recovery boiler, nah pada saat itulah terjadi ledakan yang menyebabkan suplai energi terputus, otomatis operasional pabrik lumpuh, atau ' black out'," terang ahli yang enggan identitasnya dipublikasikan.

Pada saat black out, sambungnya, limbah tidak terolah lagi. "Recovery boiler yang berfungsi mengolah limbah berbahaya black liqour berhenti berfungsi, yang berbahaya ini black liqour, tapi biasanya pun pada saat malam RAPP buang limbah black liqour ke sungai walaupun dalam jumlah dan kadar yang relatif kecil, pada saat RAPP black out otomatis  limbah black liqour ini dibuang ke Sungai Kampar karena tidak terolah dengan sempurna dan itu bisa merusak biota sungai sekaligus menyebabkan ikan mati," ungkapnya. (Angga)


BERITA LAINNYA
Penderita ISPA di Pelalawan Meningkat
Kamis, 12 Juli 2018 | 09:51
BERIKAN KOMENTAR
Top