• Home
  • Pekanbaru
  • Hendri Domo: Roda Pemerintahan di Bawah Pj Walikota Muflihun Terlaksana dengan Baik

Hendri Domo: Roda Pemerintahan di Bawah Pj Walikota Muflihun Terlaksana dengan Baik

Sabtu, 28 Januari 2023 | 11:52
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Membedah perjalanan kepemimpinan Muflihun sebagai Pj Walikota Pekanbaru sejak dilantik pada 23 Mei 2022 lalu. Meski terbilang cukup singkat, langkah-langkah kebijakan dan program dalam membangun ibu kota provinsi itu menyita perhatian publik.

Salah satu sorotan datang dari Tokoh Pemuda Kota Pekanbaru Hendri Domo. Menurut pandangannya, roda pemerintahan dibawah komando Pj Walikota Muflihun bisa dikatakan terlaksana dengan baik. Parameter yang dapat mengukur keberhasilan itu bisa dilihat dari realisasi program-program prioritas yang tentu dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

"Kalau dilihat dari kebijakan dan program yang sudah direalisasikan. Saya pikir, intervensi kebijakan pemko sangat berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Saya coba membedah dengan berbagai data dan informasi yang saya dapat," kata Hendri Domo. 

Untuk dua persoalan yang paling disorot, yakni sampah dan banjir. Pemko telah mengoptimalkan langkah-langkah mitigasi banjir yang digiatkan oleh instansi terkait. Pemko berfokus pada penanganan titik lokasi banjir, bahkan Pj Walikota turun langsung meninjau sejauh mana progres penanganan banjir dilaksanakan oleh OPD terkait. 

"Sedangkan untuk persoalan sampah juga mengalami perbaikan, dimana sudah mulai terkoordinir dengan baik. Tumpukan sampah yang berserakan di berbagai lokasi kini sudah mulai diarahkan ke titik TPS yang ditetapkan pemko. Armada penganggangkutan sampah juga terlihat intens beroperasional setiap saat," kata Hendri Domo. 

Kemudian untuk fokus perbaikan jalan rusak, Pemko Pekanbaru dibawah instruksi Pj Walikota Muflihun menjadikan perbaikan jalan masuk dalam program prioritas. Keseriusan Pj Walikota pun terlihat dari besaran alokasi anggaran jalan rusak yang mengalami kenaikan pada tahun 2023 ini. Dari yang hanya Rp12 miliar tahun 2022 lalu, anggaran yang dialokasikan naik Rp8 miliar menjadi Rp20 miliar tahun 2023 ini. Anggaran ini untuk biaya operasional dan pemeliharaan (OP) serta gaji pasukan kuning.

"Ini sangat kita apresiasi apalagi di tengah anggaran yang terbatas, karena kita sama-sama tahu pekerjaan pemko ini tidak bisa tuntas dalam waktu satu tahun dua tahun, ini butuh waktu jangka panjang. Melihat kerja nyata Pemko dibawah kepemimpinan Pj Walikota yang juga masih terbilang baru, jadi kita sangat respect melihat semangat beliau yang menginginkan Pekanbaru ke arah yang lebih baik," kata Hendri. 

Tak hanya tiga persoalan diatas, banyak kebijakan nyentrik Pj Walikota Pekanbaru yang harus terus disokong. Diantaranya perbaikan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN), penataan pasar tradisional, kenaikan insentif ketua RW dan RT. Dan ada kabar gembira bagi ASN, Ketua RW dan Ketua RT, dimana Pemko Pekanbaru tahun ini juga akan memberikan hadiah umrah bagi ketua RT dan RW yang lingkungannya terbersih pada tahun ini dan bagi ASN berprestasi. 

"Kemudian yang terbaru juga ada program subsidi bunga pinjaman bagi ribuan pelaku UMKM di Kota Pekanbaru yang diharapkan dapat menstimulus perekonomian pelaku usaha kecil," kata dia. 

Untuk tahun 2023 program unggulan seperti santunan kematian, beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu, subsidi bunga bagi pelaku UMKM, doctor on call, maupun bantuan makanan bagi warga tidak mampu, anak terlantar dan penyandang disabilitas, akan dijalankan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru di Tahun 2023 ini.

"Sehingga besar harapan kami, saya pribadi selaku pemuda kota Pekanbaru, meminta Pak Pj Walikota untuk dapat melanjutkan kepemimpinannya. Karena saya nilai PR Pekanbaru ini tidak bisa dituntaskan dalam waktu yang singkat. Kami harapkan program dan kebijakan baik ini dapat dilanjutkan," harapnya. (red)

BERITA LAINNYA
Pelatihan GTA Tingkatkan Kompetensi ASN
Senin, 25 Maret 2024 | 21:03
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top