Menteri ATR/BPN Harap Pemda Dukungan Program PTSL

Kamis, 27 Januari 2022 | 14:33
mcr
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan A Djalil mengharapkan dukungan pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten kota se Indonesia dalam melaksanakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

PTSL adalah salah satu program pemerintah yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah secara gratis. Sertifikat cukup penting bagi para pemilik tanah. Tujuan PTSL adalah untuk menghindari sengketa serta perselisihan di kemudian hari.

"Bantu kami untuk membantu raykat yang ada di daerah-daerah, karna tanpa dukungan itu kami tidak bisa bekerja lebih cepat,"katanya saat sosialisasi program PTSL Tahun 2022 secara virtual, Kamis (27/1/2021).

Jadi untuk pemerintah daerah jika ingin  tanah-tanah masyarakat bisa tersertifikasi, maka diharapkan bantuan untuk memfasilitasi pemasangan tanda batas bidang tanah termasuk sempadan.

"Tolang difasilitasi melalui kepala desa untuk memberikan batas tanah termasuk sempadan seperti jalan maupun sungai, ini harus diberikan sempadan dan tolong diberi batas," ajaknya.

Selanjutnya menyiapkan data-data yang diperlukan untuk kelengkapan persyaratan pendaftaran tanah, melakukan pembebasan keringanan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Untuk kegiatan PTSL, menyiapkan anggaran pra PTSL serta membantu menyediakan sarana dan pra sarana operasional kegiatan PTSL.

"Besar harapan kami daerah bisa membantu program ini dan kami akan terus memperjuangkan di pemerintah pusat. Namun karena keterbatasan anggaran untuk itu perlu dukungannya supaya bisa berjalan dengan lancar," harapnya.

Menteri BPN/ATR juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah membantu seperti meminjamkan kendaraan sebagai transportasi operasional dalam menjalankan program yang dilakukan.

"Kami sangat berterima kasih kepada bapak ibu gubernur dan bupati  wali kota yang ada didaerah yang telah membantu kami," tutupnya.(MCR)

BERITA LAINNYA
Pelatihan GTA Tingkatkan Kompetensi ASN
Senin, 25 Maret 2024 | 21:03
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top