• Home
  • Pekanbaru
  • BMKG Terus Upaya Lakukan Advokasi Untuk Pemanfaatan Info BMKG

BMKG Terus Upaya Lakukan Advokasi Untuk Pemanfaatan Info BMKG

Kamis, 29 Juli 2021 | 14:00
mcr
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa BMKG akan terus berupaya secara terus menerus melakukan advokasi dan kolaborasi untuk pemanfaatan Info BMKG dalam mewujudkan keselamatan dan produktivitas multisektor.

Hal ini guna mewujudkan kesejahteraan sosial ekonomi yang berkesinambungan, juga melakukan evaluasi dan penyesuaian perencanaan pembangunan dan pengembangan wilayah tata ruang yang harus mempertimbangkan faktor multi bencana geo hidrometeorologi dengan memanfaatkan Info BMKG serta mengintensifkan data integrasi guna mewujudkan informasi yang lebih cepat, tepat, akurat dan luas jangkauannya.

"Info BMKG ini untuk mewujudkan keselamatan dan produktivitas multi sektor antara lain sektor transportasi atau perhubungan, sektor pertanian, pariwisata, tata ruang, kesehatan dan lain sebagainya," katanya dalam Rakorbangnas BMKG 2021 secara virtual, Kamis (29/7/2021).

Dwikorita mengungkapkan, BMKG bertekad melakukan koordinasi dan sinergi dengan pemerintah pusat dan daerah, masyarakat, pihak swasta, akademisi, media ataupun berbagai pihak agar lebih menggencarkan program edukasi pelatihan dan literasi.

Hal ini untuk meningkatkan kepedulian, kepatuhan dan kemampuan masyarakat, serta semua pihak pengguna dalam merespons lanjut Info BMKG. Selain itu juga untuk mewujudkan sikap waspada dan budaya peduli selamat dari multibahaya bencana hidrometeorologi.

Ia menuturkan, adapun kegiatan yang akan dan sedang dilakukan BMKG antara lain, meliputi sekolah lapang iklim yang merupakan kegiatan literasi informasi sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman informasi iklim khususnya kepada petani dan petugas penyuluh pertanian lapang yang dilaksanakan sejak tahun 2011 lalu.

Kemudian juga sekolah lapang cuaca nelayan yang merupakan kegiatan literasi dalam memahami cuaca dan iklim untuk nelayan dan penyuluh perikanan  yang dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu.

Selanjutnya dilakukan pula sekolah gempa bumi, tsunami, yang merupakan kegiatan peningkatan kapasitas pemerintah daerah dan masyarakat di wilayah rawan gempa bumi dan tsunami yang dilaksanakan sejak tahun 2015 lalu hingga saat ini. 

"BMKG juga melakukan jambore iklim generasi muda yang bertujuan untuk mengenalkan pengetahuan iklim, menumbuhkembangkan karakter tangguh bencana dan peduli iklim sejak usia dini, usia pelajar dan generasi muda melalui peningkatan pengetahuan tentang iklim serta memantik aksi iklim di kalangan generasi milenial," tuturnya.

Diungkapkan Dwikorita, pihaknya sangat mengapresiasi seluruh pihak yang telah banyak mendukung kegiatan BMKG, sehingga BMKG terus berinovasi dalam mendukung keselamatan masyarakat terhadap mitigasi bencana.

"Terima kasih Bapak Presiden atas kepercayaan, perhatian, arahan dan dukungan yang telah dan selalu Bapak berikan selama ini, baik kepada BMKG, maupun kepada seluruh jajaran stakeholder," katanya.(mcr)

BERITA LAINNYA
Pelatihan GTA Tingkatkan Kompetensi ASN
Senin, 25 Maret 2024 | 21:03
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top