• Home
  • Pekanbaru
  • Presiden Tetapkan RPJMN Jadi Panduan Menuju Indonesia Maju

Presiden Tetapkan RPJMN Jadi Panduan Menuju Indonesia Maju

Senin, 12 April 2021 | 18:27
mcr
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Yusharto Huntoyungo mengatakan bahwa Presiden RI, Joko Widodo telah mengarahkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 menjadi panduan dan rencana dalam melangkah ke depan menuju Indonesia Maju. 

Selain itu RPJMN juga memuat peta jalan dan pencapaian target, yang mana ini sudah ditetapkan berdasarkan Perpres Nomor 18 Tahun 2020. Presiden, kata Yusharto, tidak menginginkan RPJMN 2020-2024 hanya menjadi dokumen formalitas. 

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencanan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Riau Tahun 2022 secara virtual, Senin (12/4/2021). 

Disampaikan Yusharto, Perpres 18 Tahun 2020 juga memuat penjabaran visi dan misi Presiden RI salah satunya peningkatan kualitas manusia Indonesia serta pembangunan yang merata dan berkeadilan. 

"Di dalam Perpres tersebut juga memuat lima arahan Presiden yakni pembangunan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, serta transformasi ekonomi," jelasnya. 

Labih jauh Yusharto menjelaskan bahwa arahan tersebut juga dituangkan dalam tujuh agenda pembangunan. Pertama, ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan. Kedua, pengembangan wilayah untuk mengurangi kesenjangan. Ketiga, sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing. 

Keempat, revolusi mental dan pembangunan kebudayaan. Kelima, infrastruktur untuk ekonomi dan pelayanan dasar. Keenam, lingkungan hidup, ketahanan bencana dan perubahan iklim. Ketujuh yakni stabilitas polhukhankam dan transformasi pelayanan publik. (MCR)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top