Perkenalkan Nilai Pancasila Pada Anak Sejak Dini

Sabtu, 21 November 2020 | 12:16
mcr
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) berharap melalui dunia bermain bisa memperkenalkan nilai-nilai Pancasila kepada anak-anak Indonesia sejak dini. 

PancaMain Indonesia dianggap salah satu media paling efektif bagi anak-anak dalam mendalami nilai-nilai Pancasila. Dimana PancaMain Indonesia sendiri meliputi 5 (lima) permainan tradisional Indonesia yang dikembangkan dengan cara kekinian. 

Jokowi mengatakan, nilai-nilai Pancasila dan  ideologi bangsa harus terus  ditanamkan kepada anak-anak Indonesia sedini mungkin. Ia menginginkan anak-anak Indonesia berakhlak baik, memiliki sopan santun, menghargai pendapat orang lain, penuh toleransi, dan saling peduli. 

"Oleh karena itu, nilai-nilai tersebut harus masuk menjadi karakter perilaku anak Indonesia, tetapi nilai-nilai tersebut harus diinternailsasikan kedalam hati dan pikiran anak-anak," ujarnya saat memberi arahan dalam acara Peluncuran PancaMain Indonesia secara virtual, Jumat (20/11/2020). 

Jokowi menyambut baik inisiatif Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia untuk menghadirkan kembali permainan tradisional dalam konsep kekinian melalui PancaMain Indonesia yang diharapkan bisa memperkenalkan Pancasila dan nilai-nilai luhur bangsa. 

Menurutnya, anak-anak Indonesia masih membutuhkan lebih banyak lagi jenis permainan yang bisa menjadi media untuk membangun dialog dalam keluarga, permainan yang menguatkan ikatan orang tua dan anak yang mampu menimbulkan rasa kecintaan bagi Indonesia. 

"Jenis-jenis permainan tradisional harus diperkenalkan lebih luas lagi dilembaga pendidikan untuk mempopulerkan nilai-nilai Pancasila dikalangan anak-anak sejak usia dini," terangnya. 

Penanaman nilai-nilai Pancasila sejak dini kepada pewaris negeri kata Presiden, akan melahirkan generasi penerus yang memiliki kepedulian, empati, menghormati keberagaman bangsa sebagai jati diri bangsa dan melahirkan anak muda yang mencintai Indonesia dengan sepenuh hati, menghormati tatanan hukum yang disepakati dan menjaga Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. (MCR)

Loading...
BERITA LAINNYA
Pertemuan Terbatas Tunggu Hasil Pemetaan
Selasa, 24 November 2020 | 15:48
Wagubri Terima Audiensi DPW LPLHI-KLHI
Senin, 23 November 2020 | 12:44
BERIKAN KOMENTAR
Top