• Home
  • Pekanbaru
  • Laboratorium Biomolekuler Direncanakan Berkapasitas 1.000 Sampel per Hari

Laboratorium Biomolekuler Direncanakan Berkapasitas 1.000 Sampel per Hari

Senin, 21 September 2020 | 13:30
Pekanbaru.Go.Id
Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST. MT
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM -- Pengadaan laboratorium biomolekuler oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan segera terealisasi. Laboratorium Biomolekuler itu untuk pemeriksaan sampel swab (cairan pada saluran pernapasan) dalam percepatan penanganan Covid-19. 

Wali Kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST. MT menyebut, pengadaan laboratorium biomolekuler itu sedang di proses. Nantinya laboratorium itu akan memiliki kapasitas untuk memeriksa sampel swab hingga 1.000 sampel dalam sehari. 

"Saat ini dalam proses pembelian alat labor untuk tes tersebut, dengan  kapasitas rencananya 1.000 sampel sehari," ujar Wako, Minggu (20/9/2020). 

Selama ini Pemko Pekanbaru hanya mengandalkan alat dari laboratorium biomolekuler yang dimiliki Pemerintah Provinsi di RSUD Arifin Achmad. Pemeriksaan sampel swab di laboratorium itu hanya memiliki kapasitas hingga 1.600 sampel per hari. 

"Sampel yang masuk itu cukup banyak. Tidak hanya dari Pekanbaru, tapi dari Kabupaten lain. Dengan kapasitas 1.600 sehari, maka sampel swab yang kita kirimkan menunggu hingga tiga hari baru keluar hasilnya," pungkasnya. 

Ia berharap dengan adanya laboratorium yang dimiliki sendiri oleh Pemko Pekanbaru, dapat mempercepat pengendalian pandemi Covid-19 di Kota Pekanbaru dengan terus melakukan tes terhadap kontak erat pasien positif.(pgi)