DKP Riau Dorong BUMD Kucurkan Modal Ke Petambak

Senin, 06 Juli 2020 | 12:38
mcr
PEKANBARU, RIAUGREEN,COM  -   Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau mendorong agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang memiliki core bisnis di bidang penjaminan perkreditan, dapat membantu memberikan modal kepada para petambak di wilayah setempat. Dengan demikian, diharapkan sektor perikanan di Provinsi Riau bisa dapat digarap dengan optimal. 

"Pembinaan kepada para petambak sudah kita lakukan, cuma memang untuk membuka tambak ini butuh modal yang cukup besar, sementara mereka tidak berani pinjam uang bank karena butuh agunan," kata Kepala DKP Provinsi Riau, Herman Mahmud, Senin (6/7/2020) di Pekanbaru. 

"Kita berharap, BUMD kita yang ada bisa mengcover itu," tambahnya. 

Apalagi, dikatakan Herman, sebelumnya Gubernur Riau Syamsuar juga telah memberikan arahan agar BUMD Provinsi Riau dapat turut menggarap sektor riil dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Kemarin itu Pak Gubernur juga sudah memberi arahan, dia berharap BUMD ini bisa mengcover sektor riil, baik itu perkebunan, perikanan dan pertanian," ungkap Herman.

"Artinya kita siap memberi support pembinaan kepada para petambak, kemudian dari support teknologi, sertifikasi dan memberi rekomendasi, karena itu juga bagian dari tugas kita," tambahnya.

Lebih lanjut Herman menerangkan, Provinsi Riau sendiri memiliki potensi cukup besar di sektor perikanan, namun diakuinya memang belum tergarap dengan maksimal, salah satunya disebabkan oleh benturan modal yang dialami para petambak.

"Memang modalnya cukup besar, misalnya untuk buka tambak udang panami, itu butuh Rp500 juta sampai Rp1 miliar. Namun demikian kalau kita bisa bantu untuk mengcover ini, hasilnya cukup menguntungkan," beber Herman.

"Karena untuk tambak udang Panami saja kemarin kami baru panen, hasilnya bisa capai 4 ton dengan luas tambak setengah hektar. Petambak itu jarang ada yang gagal, kecuali ada force major, seperti misalnya bencana dan sebagainya,"paparnya. (MCR)

Loading...
BERITA LAINNYA
Kapolda Riau Lepas Penugasan Brimob BKO Polda Papua
Selasa, 11 Agustus 2020 | 12:29
Disketapang Gelar Rapat Bahas Sicantig
Selasa, 11 Agustus 2020 | 11:59
Hari Ini Pekanbaru Razia Masyarakat tak Bermasker
Senin, 10 Agustus 2020 | 11:03
BERIKAN KOMENTAR
Top