• Home
  • Pekanbaru
  • Pemerintah Komitmen Lakukan Penegakan Hukum Karhutla Secara Serius

Pemerintah Komitmen Lakukan Penegakan Hukum Karhutla Secara Serius

Sabtu, 12 Oktober 2019 | 10:10
mcr
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Pemerintah berkomitmen untuk melakukan penegakan hukum kebakaran hutan dan lahan (karhutla) secara serius yang ada di Provinsi Riau.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Penegakan Hukum KLHK Rasio Ridho Sani, pada saat konferensi pers penegakan hukum karhutla di Polda Riau, Jumat (11/10).

Jelas Rasio Ridho Sani, saat ini pemerintah tengah melakukan langkah yang bersejarah terhadap upaya penegakan hukum terkait karhutla di Riau. Sebutnya, pelaku pembakar hutan dan lahan akan diberikan efek jera untuk tidak mengulangi kejahatan tersebut.

"Penegakan hukum secara serius akan kita jalankan sehingga memberikan efek jera bagi para pelaku karhutla," ungkapnya.

Ia mengatakan, pemerintah melakukan kolaboratif dalam penyidikan karhutla yang melibatkan Bareskrim, Kejaksaan Tinggi Riau, Kejaksaan Agung, para ahli lingkungan serta elemen-elemen yang berkaitan lainnya.

"Karhutla ini kasus yang sangat besar selain membahayakan kesehatan juga berdampak pada ekonomi dan kerusakan ekosistem keanekaragaman hayati. Jadi ini penegakan hukumnya harus optimal," ujarnya.

Tambah Rasio Ridho Sani, berbagai Undang-undang (UU) akan dikenakan untuk menjerat para pelaku pembakar hutan dan lahan sehingga akan membuat pelaku merasakan hukuman yang setimpal dengan kejahatan yang telah diperbuat.

"Ada UU perkebunan, kehutanan, dan UU lainnya. Tentu saja ini untuk memberikan efek jera bagi para pelaku dan kasus yang sama tidak lagi terulang," ujarnya. (MCR)

BERITA LAINNYA
Pelatihan GTA Tingkatkan Kompetensi ASN
Senin, 25 Maret 2024 | 21:03
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top