• Home
  • Pekanbaru
  • Setiap Hari, Puskesmas Pekanbaru Kota Layani Belasan Pasien Terpapar Kabut Asap

Setiap Hari, Puskesmas Pekanbaru Kota Layani Belasan Pasien Terpapar Kabut Asap

Kamis, 19 September 2019 | 18:45
mcr
Posko kesehatan PT RAPP disekitar puswil Riau juga ramai dikunjungi warga yang berobat akibat terpapar asap setiap harinya.
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Tak hanya posko rumah singgah korban kabut asap yang didirikan Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru yang ramai dikunjungi warga, sejumlah puskesmas juga dipadati warga setiap harinya.

Rata-rata, warga yang berobat mengeluhkan terkena Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) sakit batuk, pilek dan mual. 

"Setiap hari ada pasien 15, ada yang 14 pasien yang datang. Ada juga 18 pasien. Rata-rata belasan pasien," kata Kepala Puskesmas Pekanbaru Kota, dr Armieti.

Pasien yang datang, kata dia, merupakan pasien yang terpapar kabut asap. "Itu khusus yang gangguan pernafasan, penyakit yang terdampak kabut asap. Tapi rata-rata yang datang keluhkan batuk dan pilek," jelasnya.

Puskesmas menangani pasien dengan memeriksa keluhan serta memberi obat sesuai keluhan yang dirasakan pasien. Puskesmas juga menyediakan tabung oksigen untuk pasien yang sesak nafas.

"Kalau datang dengan batuk pilek, dibantu dengan obat. Kalau ada yang sesak kita bantu dengan oksigen. Saya rasa di Pekanbaru Kota belum separah di daerah pinggiran, Rumbai misalnya," kata dia.

Di Puskesmas Pekanbaru Kota, rata-rata pasien yang berobat usia anak-anak. "Pasien usia 1 tahun sampai 4 tahun. Tapi yang banyak itu usia 5 tahun sampai 15 tahun," kata dia.(MCR)

Loading...
BERITA LAINNYA
Pasien Sembuh Corona di Riau Jadi 66 Orang
Sabtu, 23 Mei 2020 | 09:06
Polresta Pekanbaru Lantik Kapolsek Tampan
Rabu, 20 Mei 2020 | 13:57
BERIKAN KOMENTAR
Top