Tindak Tegas Pelaku Karhutla di Riau

Selasa, 13 Agustus 2019 | 19:12
tbn
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM-, Kapolri Jenderal Pol. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P. meninjau kebakaran hutan dan lahan di Riau. Keduanya didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, memantau lokasi kebakaran hutan dengan helikopter Puma selama 2 jam, Selasa (13/08/19).

Kapolri dan Panglima TNI mengitari lokasi kebakaran hutan menggunakan helikopter Puma sekitar 2 jam, sekitar pukul 10.00 Wib, Selasa (13/8/19). Usai menaiki heli, keduanya mendatangi titik api di Desa Teknopart, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Kapolri mengatakan, dari hasil pantauan udara, titik api mulai berhasil diminimalisir. Dari udara diketahui sumber asap berasal dari lapisan gambut.

"Kita tidak melihat kebakaran yang besar dan tak terkendali, tidak ada. Yang ada tadi ada asap-asap, jadi kebakaran sudah mati. Tapi mungkin ada lahan gambut di bawahnya. Asapnya berasal dari situ, ada beberapa titik sehingga asapnya jadi lumayan," ungkap mantan Kapolda Metro Jaya itu usai melakukan peninjauan.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan kian meluas, Kapolri memerintahkan Polda Riau melibatkan tokoh masyarakat dengan cara memberikan penyuluhan. Apabila masyarakat tetap membuka lahan dengan cara membakar hutan, mantan Kapolda Metro itu, meminta Polda Riau memberi peringatan keras.

"Saya sudah minta ke Pak Kapolda untuk turun bersama jajaran polres dan kepada Panglima juga sudah saya minta untuk mengumpulkan tokoh masyarakat di daerah yang ada titik api. Kita mitigasi siapa siapa yang biasa main," tegas mantan Kapolda Papua itu.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Djahjanto, S.I.P. mengatakan, dari hasil pantauan udara, yang ia lihat tampak kebakaran merata di berbagai titik. Namun tingkat kebakaran sudah mulai menurun.

"Terlihat bahwa titik-titik api tersebar, tapi tidak semua terbakar ada sebagian kecil hanya asap saja tidak begitu besar namun cukup harus kita waspadai," tegas Panglima TNI di kesempatan yang sama.(tbn)

Loading...
BERITA LAINNYA
Gubri Sampaikan Nota Keuangan Perubahan 2019
Kamis, 22 Agustus 2019 | 20:49
APBD-P 2019, Desa Dapat Rp 200 Juta
Kamis, 22 Agustus 2019 | 20:48
BERIKAN KOMENTAR
Top