• Home
  • Pekanbaru
  • Sekdaprov Riau Terima Kunjungan Kementerian ESDM RI

Sekdaprov Riau Terima Kunjungan Kementerian ESDM RI

Senin, 24 Juni 2019 | 15:47
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menerima kunjungan tim Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia (RI), di ruang Rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Riau, Kamis (20/6).

Kunjungan ini dalam rangka menjalin kerjasama antara Pemprov Riau dengan Kementerian ESDM, serta membuat sebuah kegiatan bersama dalam bentuk Fokus Grup Diskusi (FGD) terkait kinerja pelaku kegiatan di Riau yang melibatkan Pemprov Riau, mahasiswa atau siswa, pelaku usaha Migas, Dinas-Dinas ESDM yang ada di Riau, serta Bupati se Provinsi Riau.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir Sekda Riau Ahmad Hijazi, Plt Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Riau Joni Irwan, Kepala Pusat Pengembangan SDM dan Gas Bumi Kementerian ESDM RI Wakhid Hasyim beserta tim, serta tim dari Dinas ESDM Provinsi Riau.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi berharap pertemuan yang tergolong singkat ini dapat memberikan efek positif bagi Pemprov Riau. Di mana melalui rapat tersebut diharapkan mampu membangun Riau lebih baik terutama di bidang pengelolaan potensi sumber daya energi yang ada di Riau, serta meningkatkan skill generasi Riau dalam bidang tersebut.

"Meskipun penghasilan energi di Riau menurun, tapi potensi di bidang energi terbarukan cukup baik. Untuk itu, diharapkan melalui kerjasama ini nantinya memberikan peluang besar kepada generasi muda Riau untuk memiliki kompetensi di bidang energi," katanya.

Selanjutnya, Kepala Pusat Pengembangan SDM dan Gas Bumi Kementerian ESDM RI Wakhid Hasyim, menyampaikan bahwa ia melihat sejauh ini potensi Riau sangat besar di bidang energi. Namun, pelaku usaha di bidang Migas maupun lulusan perguruan tinggi atau sekolah menengah kejuruan Riau belum memiliki standarisasi seperti yang diharapkan oleh pemerintah pusat.

Untuk itu melalui pertemuan tersebut, Wakhid bekerjasama dengan Pemprov Riau berencana memberikan peluang bagi masyarakat yang bergerak di bidang Migas dan energi untuk turut andil mendapatkan sertifikat kompetensi yang diakui negara dan juga berstandar internasional.

"Riau ini banyak masyarakat yang bergerak dibidang Migas dan energi, namun tidak banyak yang mengetahui untuk kedepannya akan membutuhkan sertifikat kompetensi. Maka dari itu, pertemuan ini untuk membahas bagaimana memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat serta pemerintah yang ada di Riau untuk berpartisipasi mendapatkan pengakuan keahlian dari negara dan internasional," sebutnya.

Wakhid juga turut berharap, kegiatan yang Ia bersama tim rancang ini memberikan peluang besar bagi masyarakat Riau terutama yang memiliki keahlian dibidang energi untuk mendapatkan pengakuan secara sah, serta menjadi bahan pegangan untuk menunjang pekerjaan yang akan ditekuni.

"Semoga apa yang direncanakan berjalan baik untuk Riau lebih baik lagi sesuai dengan harapan kita semua," tutupnya. (MCR)

Loading...
BERITA LAINNYA
Bahas Inflasi Riau, HLM TPID Gelar Pertemuan
Kamis, 18 Juli 2019 | 13:47
Satpol PP Amankan Empat Pasangan Ilegal
Kamis, 18 Juli 2019 | 13:44
Wagubri Edi Buka Pelatihan Jurnalistik
Selasa, 16 Juli 2019 | 11:38
BERIKAN KOMENTAR
Top